Mengecek Gambar Hoax di Facebook


Sekarang ini makin banyak orang yang sakit jiwa di sosial media , gambar aslinya tentang berita A lalu di kasih caption B sama si kampret. Apapun itu, sebenarnya tidak ada masalah kalau apa yang di share itu benar tapi kalau yang di share itu adalah kebohongan maka tentu akan berdampak kurang baik bagi para pengguna media sosial lainnya. Satu hal lagi, mereka juga tidak pilih – pilih, dulu ketika Pangandaran terkena musibah Banjir, banyak berita – berita hoax bertebaran di Internet tentang Banjir di Pangandaran, mereka memang sengaja membuatnya dan yang lebih parahnya lagi orang – orang yang tidak tahu malah seolah seperti menikmati kebohongan tersebut, ikut share tanpa mau memeriksa terlebih dahulu kebenarannya. Orang – orang semacam itu memang sudah putus urat malunya.
 
Baca juga :

Berangkat dari keresahan tersebut maka saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana cara mudah mengecek sebuah gambar/foto apakah mengandung unsur hoax atau tidak, khususnya untuk gambar – gambar yang antara caption dan gambar yang ditampilkan diragukan kebenarnya, maka Anda bisa mengeceknya dengan cara berikut ini :

Mengecek Gambar Hoax Yang Disebar di Facebook

  1. Persipakan terlebih dahulu sebuah gambar yang akan dianalisa
  2. bukan halaman images.google.com
  3. Sehingga nanti akan muncul laman seperti berikut ini
    Mengecek Gambar Hoax di Facebook Menggunakan Google
  4. Drag gambar ke bagian penelusuran, atau juga bisa klik icon kamera lalu pilih Upload gambar
  5. Selanjutnya nanti Google akan berusaha menampilkan beberapa hal (gambar/tulisan) yang berkaitan dengan gambar tersebut, contohnya seperti berikut ini
    Mengecek Gambar Hoax di Facebook
Sampai disini Google menampilkan beberapa halaman/web berita terpercaya yang menceritakan tentang kejadian sebenarnya dari foto yang dianalisa.

Dalam contoh lain memang ada beberapa foto yang sulit dianalisa, khususnya foto – foto yang memang dibuat secara sengaja untuk kepentingan hoax, tapi yang jelas jika foto diambil dari internet kemudian diberi caption yang tidak sesuai maka masih bisa dianalisa menggunakan cara sederhana diatas.

Related Posts :

1 Response to "Mengecek Gambar Hoax di Facebook"

  1. tips yang cukup penting nih mang, soalnya aku juga akhir2 ini sering sekali nemu gambar2 hoax di fb, dan mirisnya beberapa gambar2 tsb sudah di share ratusan kali.

    memang sudah saatnya kita harus pandai memilah mana kabar di medsos mana asli dan mana hoax

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...