Cara Membuat Flashdisk Tidak Bisa Diakses di Komputer


Ada banyak sekali pengaturan atau fitur pada sistem komputer windows yang bisa kita aktifkan untuk menjaga privasi atau keamanan dari sistem komputer itu sendiri, contohnya seperti pengaturan untuk menghidden folder di windows yang lebih efektip, mengatur drive komputer supaya tidak bisa diakses, atau menyembunyikan pengaturan internet komputer windows hilang, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia di Local Group Policy Editor yang terdapat pada sistem windows

Semua pengaturan – pengaturan tersebut semata – mata disediakan untuk menjaga kemanan, kerahasiaan, atau privasi dari pengguna sistem windows, meskipun terkadang juga bisa disalah gunakan untuk keperluan seperti iseng/jahil.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwasanya ada banyak sekali fitur/pengaturan yang disediakan oleh sistem windows dalam rangka menjaga keamanan atau privasi para penggunanya. Salah satu fitur yang cukup menarik yang terdapat pada Local Group Policy Editor adalah fitur untuk menonaktifkan akses (read) pada setiap perangkat (Removable Disk) eksternal yang dimasukan ke komputer windows.

Menurut Saya pribadi pengaturan ini sangat berguna seperti misal pengaturan akses removable disk ini bisa di implementasikan pada teman Anda yang sering seenaknya mengcopy – copy file hasil pekerjaan di Komputer/Laptop Anda ke flashdisk miliknya sendiri tanpa seizin/sepengetahuan Anda. Saya berfikir ini sangat mudah sekali, karena Anda tidak memerlukan aplikasi/software tambahan untuk mendapatkan fitur ini, Anda cukup memanfaatkan fitur yang ada di Windows yaitu Local Group Policy Editor

Cara Membuat Flashdisk Tidak Bisa Diakses di Komputer

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana mengaktifkan pengaturan untuk membatasi akses ilegal dari perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk/hardisk eksternal sehingga tidak bisa diakses ataupun melakukan aktifitas penyalinan ke perangkat eksternal yang disambungkan ke komputer Anda.
  1. Klik Start > All Programs > Accessories > Run. Pada kotak dialog RUN ketik gpedit.msc
  2. Nanti Akan ditampilkan jendela Local Group Policy Editor
  3. Selanjutnya pada Computer Configuration. Klik Administrative Templates > System > Removable Stroage Access 
  4. Kemudian cari opsi “Removable Deny read access” lalu aktifkan, dari Not Configured menjadi Enabled
  5. Terakhir klik Apply / OK

Sampai disini Anda telah berhasil membuat flashdisk tidak bisa diakses di komputer. Untuk memastikan, Anda bisa mengetesnya sendiri, masukan flashdisk lalu coba akses, atau coba copy sebuah file dengan fasilitas Send To yang terdapat di Windows Explorer, maka nanti Anda akan melihat akses gagal dengan pesan “Access is denied”


Related Posts :

0 Response to " Cara Membuat Flashdisk Tidak Bisa Diakses di Komputer"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...