Cara Mengatasi Scanner Error Tidak Bisa Scan


Tidak semua perangkat komputer yang kita gunakan setiap hari berjalan dengan baik seperti apa yang diharapkan, terkadang ada saja yang bermasalah, entah itu error, crash dan lain sebagainya, tapi yang jelas jika ada salah satu perangkat komputer atau komputer itu sendiri yang mengalami kegagalan fungsi maka kita tidak bisa mengatakan perangkat itu rusak dan perlu diganti, terutama jika belum ada pengecekan secara menyeluruh.

Scanner Error Tidak Bisa Scan

Pada awalnya scanner Canon yang saya gunakan dalam kondisi baik – baik saja, hingga pada suatu hari Scanner tersebut tiba – tiba tidak bisa saya gunakan seperti biasa, tidak bisa saya gunakan untuk keperluan melakukan scanning, dan tentu saja umumnya jika ada perangkat yang bermasalah, komputer akan mencoba memberitahu pengguna tentang masalah yang terjadi dengan menampilkan pesan error, seperti berikut ini
 
Cara Mengatasi Scanner Error Tidak Bisa Scan
Release the lock switch, detach the USB cable and reconnect scanner driver will be closed
Code: 2,179,16

Sampai disini kita akan paham betapa pentingnya mengerti bahasa ingris saat menggunakan komputer, karena dengan begitu kita juga bisa membaca pesan error yang ada, dan tentunya tak perlu repot – repot memanggil teknisi/tukang service peralatan komputer.

Dari pesan diatas perangkat lunak memberitahu pengguna untuk melepaskan tombol penggunci dan kabel usb, jadi intinya dari pesan error diatas kita sudah tahu masalah yang sebenarnya, sistem/perangkat lunak scanner meminta untuk melepaskan tombol pengunci dan melepaskan lalu menyambungkan kembali kabel usb scanner.

Tombol Pengunci Scanner
 
Scanner jenis Canon LiDE 25 atau jenis yang serupa memiliki tombol pengunci dibagian belakang scanner, mirip seperti tombol on/of tapi fungsinya menurut saya berbeda. Biasanya ada lambang kunci/gembok mengunci dan terbuka, itu artinya jika gembok digeser ke lambang kunci terbuka, maka scanner dalam keadaan bebas, namun sebaliknya jika digeser kebagian lambang gembok terkunci, maka scanner dalam keadan terkunci, secara teknis ketika dalam keadaan terkunci, scanner masih bisa menyala, hanya saja bagian batang yang memancarkan cahaya atau CCD/ADC yang bergerak untuk menscan data tidak akan bisa bergerak.

Jika digunakan untuk scan, maka secara default kunci tentu akan dibuat dalam keadaan terbuka, begitupun dengan scanner yang saya gunakan, tombol sudah dalam keadaan unlock alias tidak terkunci, namun scanner menampilkan pesan untuk Release Lock.

Cara Mengatasi Scanner Error Tidak Bisa Scan
 
  1. Disable driver scanner
  2. Cabut kabel usb scanner kyang terhubung ke komputer
  3. Tarik kunci tombol scanner yang ada pada bagian belakang dari terbuka menjadi terkunci
  4. Terakhir lakukan langkah kebalikan dari poin 1 – 3, Enable/Aktifkan driver scanner, sambung kabel USB ke komputer, dan tarik tombol pengunci dari terkunci menjadi terbuka
Untuk disable driver scanner sebenarnya itu adalah pilihan optional, jadi mau disable drivernnya silahkan, tidak juga tidak apa – apa. Driver scanner sebenarnya sudah terinstal dengan baik, dan sebelumnya scanner juga masih bisa digunakan, serta tombol pengunci scanner juga dalam keadaan terbuka, namun sepertinya mungkin ada kesalahan saat perangkat keras scanner berkomunikasi dengan perangkat lunaknya, sehingga perlu diambil langkah – langkah untuk mengatasi masalah tersebut menggunakan cara – cara yang sudah saya paparkan dengan menggunakan 4 langkah diatas.

Baca juga : 

10 Responses to "Cara Mengatasi Scanner Error Tidak Bisa Scan"

  1. Replies
    1. tidak usah di disable juga gak apa gan.. cuka buka tutup penguncinya saja

      Delete
  2. Sudah disable dan sudah buka tutup penguncinya tp tetep saja kode eror itu muncul.mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah lakukan car diatas, coba restart komputernya

      Delete
  3. kalau ada tulisan "there is not enough free disk space to complete the scan
    scaner driver will be closed

    code :31,0,0
    solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu errornya bilang ruang kapasitas di disknya enggak cukup

      Delete
  4. Canon scan D646Uex , justing lamp jalan . tetapi saat view atau scan tidak respon dan sampai berjam jam juga ditunggu , tidak ada respon , penyelesaiannya bagaimana supaya bisa kerja scan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara paling gampang bisa cek di komputer atau laptop lain responnya lama atau enggak, sama atau enggak, kalau beda, coba ganti port usbnya

      Delete
  5. Kaloo scangear code 2 156 33 gmnaa yaa kakk?
    #scanner is turned off
    #USB cable disconected

    udahh gantii kabell jugaa ttepp nggk bisaa..

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin