Gara – Gara Salah Menulis Fungsi di PHP - mysqli_num_rows dan mysqli_stmt_num_rows

gara - gara salah menulis fungsi
Gara – Gara Salah Menulis Fungsi di PHP
Sumber : Blogs root93

Dalam beberapa hari ini saya mencoba membiasakan diri untuk menulis dan menyederhanakan beberapa fungsi di PHP. Hal ini tentunya akan mempermudah saya dalam menulis atau memanggil sebuah kode yang dibutuhkan. Saya belajar menyederhanakan beberapa fungsi supaya agak sedikit pendek ditulisnya, seperti misal contoh kecilnya, untuk closing statement biasanya ditulis mysqli_stmt_close() saya sederhanakan jadi close_stmt().

Beberapa jam yang lalu saya mengalami masalah yang membuat saya amat kebingungan, dan ternyata sebenarnya masalah ini bersumber dai kesalahan fungsi yang saya tulis. Jadi ceritanya saya mencoba memanggil sebuah fungsi untuk mengecek dan memastikan bahwa data yang dipangguil  ada didalam database, maka saya buat fungsi untuk mengeceknyanya menggunakan num_rows().

Fungsi num_rows() tersebut sudah dipendekan didalam function, namun karena saya salah menulisnya, yang seharusnya ditulis mysqli_num_rows saya tulis jadi mysqli_stmt_num_rows. Ini memang sangat konyol sekali, gara – gara salah menulis fungsi, banyak waktu yang terbuang.
Function yang ditulis salah tersebut menghasilkan pesan error Warning: mysqli_stmt_num_rows() expects parameter 1 to be mysqli_stmt, object given in

Dari masalah ini, saya mungkin bisa jadi banyak belajar agar untuk lebih teliti dan cermat dalam menulis sebuah function yang sederhana.

*catatan
jadi mysqli_stmt_num_rows itu juga bisa digunakan dalam sebuah prepare statement kita bisa saja dalam prepare statement menggunakan mysqli_num_rows, dengan catatan datanya sudah di get result (mysqli_stmt_get_result) kalau hanya di store_result, maka kita harus tetap menggunakan mysqli_stmt_num_rows

(Ahmad Zaelani)

Related Posts :

1 Response to "Gara – Gara Salah Menulis Fungsi di PHP - mysqli_num_rows dan mysqli_stmt_num_rows"

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...