Column cannot be null PHP




ROOT93 – Suatu hari saya pernah mengalami masalah dimana data – data yang berada di dalam formulir tidak bisa dikirim padahal semua data sudah terisi dengan benar. Akhirnya saya mencoba untuk memisahkan function atau function untuk menyimpan datanya tidak digunakan dulu melainkan ditulis secara langsung didalam proses kirim.
Baca juga : Salah Mengeset Parameter Prepared Statement Membuat PHP tidak bisa menyimpan ke Database

Namun ternyata setelah itu saya selalu mengalami kegagalan saat mencoba menyimpan data yang ada, dan seperti biasa saya mencoba mengecek variabel statement ataupun koneksi menggunakan fungsi var_dump() dan hasilnya ditampilkan pesan seperti berikut
column cannot be null
column cannot be null
Sumber : root93.co.id / Ahmad Zaelani

Disana terlihat ada pesan column cannot be null yang artinya data yang saya kirim bernilai kosong. Hal ini cukup mengherankan, dan memang setelah dicek dan dipanggil per value didalam formulir, data yang dipanggil memang tidak muncul.

Setelah beberapa jam saya menemukan baris kode yang salah yang mengakibatkan data jadi bernilai kosong sehingga tidak bisa dikirim ke database. Baris yang salah dibagian ini 
Column cannot be null PHP
Column cannot be null PHP
Sumber : root93 - Ahmad Zaelani


Dalam contoh kode diatas, saya salah dalam mengeset parameter atau terbalik, parameter yang harusnya dijadikan dan diisi dengan nilai variabel malah disimpan didalam variabel, dan tentu saja hasil query yang dikirim akan menjadi kosong.

Jika Anda mengalami masalah yang sama ketika mengecek kesalahan menggunakan var_dump() dan menghasilkan pesan column cannot be null itu artinya ada nilai didalam POST atau dalam variabel yang Anda kirim ke Database bernilai 0 atau kosong. 
(Ahmad Zaelani / root93)

Related Posts :

0 Response to "Column cannot be null PHP"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...