Mengatasi Masalah Gembok HTTPS Berwarna Kuning

Umumnya lambang gembok HTTPS pada sebuah layanan web adalah berwarna hijau yang melambangkan bahwa situs tersebut aman karena sudah menginstal SSL kedalam sistemnya. Nah jika gembok dibagian address bar situs berawrana lain namun parameternya tetap menggunakan HTTPS, maka kemungkinan ada sesuatu yang salah.


gembok berwarna kuning dengan tanda seru
gembok berwarna kuning dengan tanda seru
Sumber : root93


Suatu hari saya pernah mengalami masalah lambang icon HTTPS yang harusnya berwarna hijau namun malah ditampilkan menjadi berwarna kuning dan jika gembok berwarna kuning dengan tanda seru  pada address bar web browser itu di klik maka akan terlihat pesan bahwa situs dianggap tidak aman.

Awalnya saya bingung padahal situs sudah menginstal SSL dan parameternya pun menggunakan parameter HTTPS, tapi di bagian tanda gembok https berawarna kuning. Kemudian saya coba mengecek kode situs dan ternyata ada bagian kode yang melakukan request terhadap gambar menggunakan parameter URL HTTP bukan HTTPS sehingga sistem menganggapnya tidak aman.

Contoh Request tanpa HTTPS
Bagian Kode yang melakukan request tanpa menggunakan HTTPS
Sumber : root93
Setelh dilakukan perbaikan dan menambahkan parameter HTTPS di URL. Lambang gembok kembali normal atau berwarna hijau seperti pada umumnya

Related Posts :

0 Response to "Mengatasi Masalah Gembok HTTPS Berwarna Kuning"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...