Pengalaman Menggunakan Aplikasi Dana

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Dana
Sumber gambar : https://refrez.com

Dana merupakan Aplikasi Dompet Digital atau sederhananya ini semacam aplikasi e-money. Aplikasi Dana bisa digunakan untuk keperluan berbelanja online di beberapa online shop seperti bukalapak, tokopedia dll. Selain bisa digunakan untuk berbelanja online kita juga bisa melakukan transaksi lain melalui Aplikasi Dana, seperti Transfer uang, membeli pulsa, bayar listrik, bpjs, telepon, air, bayar cicilan, zakat dan lain sebagainya.

Awal Mula Saya Menggunakan Aplikasi Dana

Awal mula menggunakan Aplikasi Dana ini sebenarnya karena Bukalapak, dimana seperti yang kita ketahui sendiri bahwa Buka Dompet milik bukalapk sudah tidak bisa digunakan lagi untuk bertransaksi atau membeli produk digital, sehingga Bukalapak mengintegrasikan sistem e-money sebelumnya dengan aplikasi Dana. Sebelumnya saat menggunakan Bukalapak dan bertransaksi menggunakan Dana, kita tidak perlu menginstal aplikasi Dananya, namun dalam perkembanganya (waktu itu pas mau top-up saldo) Bukalapak selalu meminta untuk menginstal Aplikasi Dana, jadi akhirnya sayapun mencoba Aplikasi Dana.

Aplikasi Dana bisa Apa Aja ?
Aplikasi Dana bisa digunakan untuk berbelanja online, bebrapa situs online shop di indonesia sudah mengintegrasikan sistemnya supaya bisa mendukung pembayaran melalui aplikasi dompet digitalnya Dana. Selain itu Dana juga bisa digunakan untuk Transfer/Kirim Uang, Beli Pulsa, bayar listrik dan lain – lain. Saya pribadi sangat suka dengan fasilitas transfer/ kirim uangnya, sangat mudah dan sederhana, tinggal masukin nominal dan no. rekening tujuan, pokonya lebih mudah dibandingkan transfer uang lewat ATM

Cara Daftar / Menggunakan Aplikasi Dana

Kalian bisa download Aplikasinya di Playstore kemudian instal. Isi data diri dengan lengkap dan jangan lupa juga siapkan kartu identitas atau KTP
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Dana
Menurut saya secara pribadi ada bebrapa keuntungan menggunakan Aplikasi Dana, diantaranya
  1. Mudah dalam berbelanja Online
    Banyak e-commerce sekarang yang sudah terintegrasi dengan sistem atau aplikasi Dana, jadi saat kita mau bayar belanjaan kita di e-commerce, kita cukup menggunakan sistem pembayaran Dana, tidak perlu repot – repot pergi ke ATM untuk membayar
  2. Memiliki Banyak Layanan
    Dari mulai pulsa, paket data, listrik, bpjs sampai mau bayar zakat pun bisa dilakukan melalui Aplikasi Dana. Terus yang paling penting layanan transfer/kirim uangnya itu mudah, tinggal klik – klik saja, uang yang kita transfer langsung bisa terkirim.
  3. Banyak Cashback
    Mungkin masih dalam tahap promo, saya mendapatkan banyak cashback sampai 25ribu, waktu itu saya pernah juga mendapatkan cashback 25 ribu untuk pulsa senilai 25ribu, pernah juga mendapatkan potongan biaya untuk tagihan listrik pasca bayar. Selain itu transfer/krim uang, baik antar bank maupun beda bank bebas biaya. Intinya banyak cashback, lebih murah dan hemat pokonya.
Cara Isi Saldo Dana
Saldo yang terdapat pada Aplikasi Dana perlu di isi, jika tidak tentu saja kita tidak bisa menggunakannya untuk transaksi belanja online atau membeli produk digital yang terdapat pada layanan Dana.

Dana sendiri memiliki banyak opsi untuk melakukan top-up atau mengisi saldo. Bisa melalui transfer bank, Alfamart, Alfamidi, Ramayana, Robinson, Pegadaian dll. Untuk top-up di Indomart saat artikel ini ditulis belum bisa. (kecuali melalui e-commerce)

Selain itu kita juga bisa melakukan top-up melalui situs e-commerce seperti Bukalapak. Saya kadang suka top-up melalui Bukalapak di Alfamart/Indomart untuk mengisi Saldo Dana.

Apakah Saldo Dana Bisa Digunakan Untuk Belanja di Alfamart/Indomart ?

Awalnya saya pikir Saldo Dana bisa digunakan untuk melakukan pemabayaran barang ataupun makanan yang kita beli dari indomart/alfamart, seperti layanan milik T-Cash (sekarang Link) yang menggunakan sistem token tapi ternyata tidak.

Saat artikel ini ditulis baik di Alfamart ataupun di Indomart, kita tidak bisa menggunakan Saldo Dana untuk melakukan pembelian atau belanja produk – produk di Alfamart atau Indomart, meskipun di Alfamart untuk Top-up saldo bisa, tapi ternyata saldonya tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran barang yang kita beli dari alfamart. 

Jadi begitulah pengalaman menggunakan aplikasi dana ataupun review saya mengenai Aplikasi Dana. Saya pribadi sangat merekomendasikan

Related Posts :

5 Responses to "Pengalaman Menggunakan Aplikasi Dana"

  1. wah saya belum pernah mencoba kelihatannya gampang

    ReplyDelete
  2. wah coba seandainya bisa bang nggakperlu bawa duit cash lagi

    ReplyDelete
  3. Sayang ya belum bisa dipakai belanja ke Alfa/Indomaret...Saya belum coba dompet digital manapun...meski sebenarnya perlu sih karena main dropship soalnya tinggal ke alfa bayaranya malah kalau blibli tidak ada biaya ADM

    ReplyDelete
  4. wah kayaknya toko online kita sebrangan nih, saya pakai online shop yang hijau, mereka kerja sama aplikasi dompet warna ungu, pasti tau kan, hahaha...

    sebelas duabelas sih kayaknya, mulai dari cara pakai, top up, fitur dan promo. cashlash jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  5. Saingan sama yang dirilis pemerintah yah link*ja

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...