Aplikasi Database Pramuka Berbasis Web

Aplikasi Database Pramuka Berbasis Web

Aplikasi Database pramuka ini merupakan aplikasi web based yang dibangun menggunakan PHP MySQL. Aplikasi Database Pramuka ini memiliki konsep yang sebenarnya agak mirip dengan Ameska – Aplikasi Manajemen Pramuka, hanya saja dalam Aplikasi Database Pramuka ini kita lebih fokus kedalam pengumpulan data yang dihimpun secara sederhana serta jenis data yang dikumpulkan, dimana disini lebih ke berfokus untuk pengelolaan atau manajemen pramuka yang berada di internal sekolah.

Adapun jenis – jenis kelompok data keanggotaan pramuka yang dikumpulkan diantaranya adalah :
  1. Anggota
  2. Bantara
  3. Laksana
  4. Purna Bhakti
  5. Pramuka Garuda
  6. Pembina
  7. Dewan Ambalan
Selanjutnya dari ketujuh jenis kelompok data diatas akan mengumpulkan data yang sama diantaranya :

  1. Data diri
    Data diri meliputi pengumpulan NTA, NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Agama
  2. Informasi Kontak
    Pengumpulan data informasi kontak meliputi data alamat tinggal, kontak whatsapp, email address, jabatan saat ini dan tahun masuk
  3. Riwayat Kepramukaan
    Selanjutnya adalah pengumpulan riwayat kepramukaan dari masing – masing anggota seperti tanggal pelantikan, tempat, angkatan, jabatan saat ini.
Aplikasi Database Pramuka ini dibangun dengan sangat sederhana agar proses pengumpulan data bisa dilakukan secara cepat dan efisien, sehingga fitur – fitur yang terdapat pada aplikasi ini relatif sedikit, tetapi justru konsep kesederhanaan tersebutlah yang ingin ditampilkan dalam aplikasi ini yaitu Sederhana dan Mudah Digunakan. Adapun fitur dari Aplikasi Database Pramuka Berbasis ini adalah sbb:
  1. Manajemen Data Anggota Pramuka
  2. Statistik Anggota
    Pramuka Berdasarkan Jabatan Tingkatnya dan Statistik tiap jabatan tingkat berdasarkan jenis kelaminnya
  3. Import dan Export
    Selain dapat dilakukan secara manual, administrator pada aplikasi ini juga dapat melakukan penambahan data (import data) anggota pramuka menggunakan file excel (xls) sehingga pengumpulan data relatid jadi lebih mudah. Kemudian juga sebaliknya backup data dari aplikasipun dapat dengan mudah dilakukan yaitu dengan cara melakukan Export yang nantinya dapat menghasilkan salinan data dari aplikasi berupa file excel (xls)
Meskipun sederhana tetapi dari segi pengumpulan data, Aplikasi Database Pramuka ini sebenarnya lebih cepat dikarenakan proses penambahan data anggota bisa dilakukan via file xls.

Bagi yang berminat ataupun tertarik untuk menggunakan Aplikasi Database Pramuka Berbasis Web ini, bisa menghubungi saya melalui halaman contact us. atau Hub saya di WA : Chat Langsung

0 Response to "Aplikasi Database Pramuka Berbasis Web"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin