Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan Recuva.


Recuva adalah salah satu perangkat lunak (software) yang mampu menemukan dan mengembalikan kembali data – data yang tersimpan di media penyimpanan seperti komputer(hardisk), flashdisk dan MicroSD yang hilang/terhapus. Tidak seperti GetDataBack, Recuva bekerja dengan cara yang lebih sederhana atau prosesnya lebih simple. Anda hanya perlu menentukan jenis file apa yang anda cari serta menentukan di drive mana terakhir kali file tersebut disimpan lalu terhapus. Tentunya anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan software ini.


Perlu diingat dan digaris bawahi bahwa pada dasarnya ketika sebuah data terhapus dari flashdisk/hardisk maka data tersebut sebenarnya masih tersimpan di sebuah ruang kosong di dalam disk tersebut dan data tersebut akan menghilang ketika ada data lain yang menimpanya. Jadi ketika sebuah data terhapus dari hardisk/flashdik hal pertama yang perlu anda ingat adalah jangan menambahkan data baru kedalam disk, dengan tidak menambah/menimpa data baru maka anda memiliki banyak peluan untuk mendapatkan data anda kembali. 
proses pengembalian data menggunakan recuva


Recuva yang saya gunakan kali ini adalah recuva yang terdapat pada hiren’s bootcd 15. Untuk dapat mengembalikan data yang hilang caranya cukup mudah.Berikut adalah Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan Recuva.



1. Jalankan Recuva. Kemudian nanti anda akan melihat jendela recuva. Klik Next untuk melanjutkan

2. Pada jendela selanjutnya anda akan dihadapkan pada sebuah opsi dimana anda harus menentukan jenis file yang akan anda cari/kembalikan. Ada 7 opsi yang bisa anda pilih diantaranya

Picture        : Akan menampilkan semua jenis file gambar/photo
Music          : Akan menampilkan semua jenis file music seperti,mp3, mp4 dll
Documents  : Akan menampilkan semua jenis file documents,seperti 
                   docx, txt dll
Videos        : Akan menampilkan semua jenis file videos
 Other        : Opsi terakhir ini digunakan bila jenis file yang anda cari bukan
                   dari jenis 4 file diatas atau artinya bila anda memilih opsi ini
                   maka semua jenis file akan ditampilkan/dicari.

3. Pada jendela ketiga anda harus menentukan dimana terakhir kali file tersimpan sebelum akhirnya terhapus.

4.Kemudian pada jendela berikutnya anda bisa memilih untuk mengaktifkan/mencentang “Enable Deep Scan”. Bila opsi ini dipilih maka program akan mencoba mencari file lebih dalam lagi dan tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Opsi ini dipilih bila memang file tidak ditemukan atau mungkin sudah terlalu banyak tertimpa dengan file lain.

Namun bila memang file yang tehapus itu belum terlalu lama atau belum terlalu banyak tertimpa oleh file lain maka anda tidak perlu mengaktifkan opsi tersebut karena Recuva bisa menemukannya dengan cepat.

5. Proses pencarian file

6. Bila proses pencarian telah selesai maka Recuva akan menampilkan file – file yang berhasil ditemukannya kemudian juga Recuva akan menampilkan informasi lainnya seperti ukuran file, tanggal modifikasi,path/letak file, keadaan file (baik/buruknya) dll.

Dalam kasus kali ini saya akan mengembalikan jenis file video dengan state “Very Poor” yang menandakan file ini masih bagus. Anda juga bisa memperhatikan indicator lampu, bila lampunya berwarna merah itu artinya file sudah rusak.

7. Proses selanjutnya anda bisa mengklik/mencentang file yang akan anda kembalikan. Klik kanan kemudian pilih Recover checked/Recover Highligted.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa keberhasilan dalam proses pengembalian data ini tergantung pada keadaan data/file itu, bila data sudah tertimpa oleh data lain maka mungkin data akan sulit dikembalikan dan meskipun data berhasil dikembalikan mungkin data sudah tidak lagi utuh alias rusak. Jadi ingat kembali bahwa ketika sebuah data/file terhapus dari sebuah media penyimpanan maka jangan dulu menambahkan data/file lain kedalamnya. Baca juga artikel tentang Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan GetDataBack 4.00


8 Responses to "Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan Recuva."

  1. Jika Hardisk sudah di Format apakah data pada Hardisk bisa kita kembalikan dengan Software Recuva ini Mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja sih,, cuman kalau yang udah diformat kayak gitu biasanya pake getdataback

      Delete
  2. videoku banyak yang hilang nih hehehe :D bisa dibalikin sama recuva gak yah

    ReplyDelete
  3. ada file saya di flasdisk yang ke delete ga sengaja mau coba recuva siapa tau balik lagi, makasih infonya mas

    ReplyDelete
  4. wah perlu mencoba sofware Recuva ini nih mas,siapa tau memang ampuh untuk mengembalikan file yg kehapus.soalnya saya sering mencoba aplikasi sejenis ini nggak pernah mempan lomas

    ReplyDelete
  5. Sekalipun ga 100% hasilnya tapi memang recuva suka jadi alternatif saya mas, apalagi getbackdata itu pro jadi pasti lebih hebat lagi sekalipun harus mengeluarkan uang dulu sih.

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah nyoba nyoba kayak gini gan, cuma lupa sekarang.. Hehehe
    thanx gan, berkat ente ingatan ane jadi pulih kembali :D

    ReplyDelete
  7. saya jd ingat semasa SMA prnh ngembaliin data pke aplikasi namanya recovery data klo gak salah, tapi saat itu data kembali tidak utuh mas, oh rupanya krena data sdh tertimpa dgn yg bru yaa.. brti semua aplikasi pengembalian data bs utuh dan lengkap dgn 1 keyakinan data tsb setelah di format tdk di timpa dgn yg bru yaa.. thanks ilmunya mas..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...