Cara Ampuh Mengatasi Wireless Laptop Yang Tidak Mau ON/Menyala


Setelah selesai menginstall Windows 7 Ultimate 32 bit di Laptop Presario CQ 40, Saya mengalami sedikit masalah dengan WiFi Adapter atau wireless yang tidak mau menyala, tidak mau ON atau warnnya orange terus, ini juga bisa terlihat dengan jelas pada bagian taksbar dimana icon wifi disilang dengan tanda merah.

Saya sedikit kebingungan, pasalnya driver sudah terinstal dengan baik pada saat instalasi windows. Driver yang saya gunakan adalah Broadcom 802.11g, saya sempat mencoba mencari driver lain tapi tetap saja hal tersebut tidak mengatasi masalah wireless yang tidak mau menyala. Saya coba tekan – tekan tombol wirelessnya, tapi tetap saja tidak mau menyala

Saya sempat berpikir bahwa mungkin saja perangkat keras atau Hardware dari wirelessnya rusak atau bermasalah, tapi sebelumnya Wireless bekerja dengan baik pada saat saya menggunakan Sistem operasi Ubuntu dan hal tersebutlah yang membuat Saya menjadi terheran – heran.

Setelah beberapa jam berpikir dan merenung akhirnya saya berhasil menyelesaikan masalah ini dan berikut adalah Cara Ampuh Mengatasi Wireless Laptop Yang Tidak Mau ON :

1. Pastikan dulu bahwa driver wireless laptop ada sudah terinstall dengan
    benar
2. Selanjutnya buka pengaturan untuk koneksi
3. Klik Start > Control Panel > Network And Internet
4. Pilih “Change Adapter Settings”
5. Klik kanan pada bagian koneksi Wireless dan pilih “Disable” 
Wireless dalam keadaan disable
6. Selanjutnya Matikan/Restart Laptop
7. Kemudian masuk kembali kebagian pengaturan koneksi wireless
8. Klik kanan pada bagian koneksi, lalu pilih “Enable”

Intinya sebelum di restart, koneksi wireless harus di disable terlebih dahulu kemudian bila laptop sudah menyala, aktifkan/enable kan kembali wirelessnya. Sebenarnya saya juga tidak tahu pasti kenapa bisa begitu, tapi yang jelas dengan cara tersebut Wireless Laptop Saya bisa kembali menyala. 
WiFi kembali menyala dengan warna biru
Tombol WiFi menyala dengan warna biru
 Kalau boleh menebak – nebak, ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan perangkat keras (WiFi) perlu menyesuaikan diri dengan sistem operasinya sehingga WiFi Adaptor perlu dinonaktifkan/didisable lalu selanjutnya laptop direstart dan kemudian WiFi dihidupkan kembali, karena seperti yang kita tahu bahwa driver memiliki tugas untuk mengenalkan perangkat baru/hardware ke sistem operasi atau sederhanya driver itu digunakan untuk komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras.


Sebelum mempraktikan cara diatas, Saya melakukan pengaturan di bios terlebih dahulu yaitu melakukan “Load Setup Default” yaitu mengembalikan pengaturan bios ke default. Tapi jujur saja, sebenarnya saya juga tidak tahu apakah hal tersebut berpengaruh atau tidak terhadap wireless laptop.

Setelah melakukan 8 langkah diatas, Wireless laptop CQ40 kembali normal dan selalu otomatis menyala/on pada saat laptop dihidupkan.

7 Responses to "Cara Ampuh Mengatasi Wireless Laptop Yang Tidak Mau ON/Menyala"

  1. Betul mas....kadang saya juga mengalami hal seperti ini ....namun karna banyak temen yg ngasih tahu....bla bla...bla...beres deh
    ....

    ReplyDelete
  2. Kebetulan sebelah rumah ada warkop full wifi....jadi sering gunakan wifi...mas....

    ReplyDelete
  3. Tahnks mas untuk tipsnya berguna nih untuk saya khususnya.

    ReplyDelete
  4. Kalau cara setting wi-fi untuk windows XP gimana mas...kok saya ga ketemu caranya..beda dengan windows 8 gampang sekali

    ReplyDelete
  5. Wah simpel sekali ya caranya, kebanyak teman2 yg masih awam memang tidak tahu apa maslahnya kenapa Wireless lepi bisa mati, untung sudah diberi pencerahan oleh mas Zaelani disini. Sangat bermanfaat mas.

    ReplyDelete
  6. mentel deh ah laptopnya kang ahmad, harus disable dan restart dulu yah baru di enable kan lagi bisa nyala..
    saya belum prnh mengalaminya, tapi dengan pengalaman kang ahmad jd pelajaran juga buat saya sewaktu-waktu bs begini. ilmu yg bermanfaat ^.^

    ReplyDelete
  7. Terimakasih mas sangat membantu sekali

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...