Macam – Macam Koneksi Internet di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bagi sebagian orang Internet sudah menjadi kebutuhan pokok. Dulu Indonesia sudah bisa merasakan internet sekitar tahun 1994 yang ditawarkan oleh perusahaan IndoNet.

Dulu pertama kali Indonesia masih menggunakan koneksi dial-up, namun dengan seiring perkemabangan dan kemajuan jaman koneksi internet yang digunakan di Indonesia semakin makin maju.

Berikut ini merupakan Macam – macam koneksi Internet di Indonesia

1. Dial – Up

Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Prosesnya seperti ini: komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa internet

Kecepatan internet menggunakan jenis koneksi Dial-Up bisa mencapai kecepatan maksimal 56 Kbps.

2. ADSL
Teknologi ini bekerja pada frekuaensi 34kHZ – 1.104 kHz. Asymetric Digital Subcriber Line (ADSL) memiliki keunggulan yaitu kemampuan akses internet dengan kecepatan tinggi.

3. GPRS
Teknologi mempunyai kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi sedang bergerak (mobile). General Packet Radio Service (GPRS) dapat dipergunakan untuk mengirimkan data seperti gambar, text, MMS atau bisa juga digunakan untuk browsing internet. GPRS menawarkan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai dengan 115 kbps

4. 3G
Third Generation technology ini merujuk kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). Dengan 3G kita bisa menikmati koneksi internet dengan kecepatan hingga 144 kbps dalam kondisi bergerak cepat (mobile) dan sekitar 385 Kbps dalam kondisi berjalan (pedestrian), kemudian dalam keadaan diam bisa mencapai 2Mbps. Jenis koneksi seperti ini umumnya sekarang digunakan oleh perangkat ponsel atau smartphone

5. HSPA
HSPA (High Speed Packet Acces) merupakan teknologi yang dikembangkan dari teknologi 3G gelombang pertama Release 99 (R99) sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi internet R99. Terkait dengan jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do) yang merupakan perkembangan dari CDMA 2000.

HSPA menyediakan kecepatan transmisi data yang berbeda dalam arus data turun (downlink) HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan dalam arus naik (uplink) HSUPA (High Speed Uplink Packet Access. Saat ini kecepatan akses internet dengan teknologi HSPA ini sudah mencapai 7.2 Mbps.

6. Wireless LAN
Teknologi merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan internet menggunakan gelombang radio. Wireless LAN bisa digunakan secara peer to peer alias tanpa access point, ataupun juga bisa point to point dan point to multi point [Baca : Topologi Jaringan Wifi ]

7. 4G LTE
4G (fourth-generation technology) LTE merupakan teknologi terbaru untuk koneksi internet mobile. Kecepatan koneksi internet dengan teknologi bisa mencapai hingga 72 Mbps.

2 Responses to "Macam – Macam Koneksi Internet di Indonesia"

  1. di tempat saya belum dpt yg 4G mas. paling tinggi kegnya HSPA. itu pun kdng bisa turun jd EDGE. :(
    entahlah saya gk ngeh bgt dgn koneksi internet gimana aja, taunya makek doang :D hihi

    ReplyDelete
  2. kalo saya make yang #5, lumayan kencang buat dangdutan di yutub :D

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...