Cara Mengatasi Photoshop Yang Sering Not Responding

Sebenaranya mungkin bukan Photoshop saja yang bisa mengalami masalah Not Responding, namun Aplikasi Komputer lainnya pun bisa mengalami hal yang sama, biasanya not responding ini adalah kondisi dimana Aplikasi yang kita gunakan tidak merespon perintah kita. Contoh ketika Anda mencoba memanggil Aplikasi misal browser mozilax firefox, namun Aplikasi tersebut tidak merespon atau malah muncul, error, crash dan lain sebagainya itu juga bisa termasuk kedalam kategori aplikasi Not Respon

Saya pernah mengalami kejadian dimana Aplikasi editing gambar yang Saya gunakan yaitu Adobe Photohsop mengalami not responding. Aplikasi Photoshop ketika di panggil sebenarnya muncul seperti biasa, namun ketika Saya mencoba membuat file/document baru, Photoshop selalu saja "Not Responding" Selain itu juga ketika Saya mendrag gambar/foto ke Photoshop, hal tersebut juga terjadi, Photohop selalu saja not responding. 

Bagi Saya ini cukup membingungkan soalnya pada saat Photohsop dipanggil apalikasi tersebut muncuk seperti biasa, namun ketika Akan Saya gunakan untuk melakukan sebuah pekerjaan, Photohsop selalu saja not responding alias ngehang.

Beberapa cara Saya gunakan, salah satu diantaranya adalah menggunakan Cara Mengatasi Program Komputer Yang Sering Crash  yaitu caranya adalah dengan menghapus folder yang berada di dalam App Data atau tepatnya di dalam Folder Roaming, yang dihapus adalah folder aplikasi Photoshop nya, Saya melakukan hal tersebut karena sebelumnya cara itu berhasil dilakukan dalam saat Mengatasi Pesan Error Havij tabctl32.ocx , namun kali ini cara tersebut sama sekali tidak berhasil

Photoshop Not Responding

Selanjutnya Saya coba melakukan pembersihan menggunakan Aplikasi Bawaan windows yaitu menggunakan Disk Cleanup, Saya restart komputer dan coba kembali menjalankan Photohop, namun hasilnya tetap sama, Photohop masih belum bisa digunakan.
 
Langkah terakhir yang Saya coba adalah dengan melakukan reset Photoshop atau mengembalikan pengaturan Photohop ke pengaturan default,  dan cara ini ternyata berhasiil. Untuk mereset Photohop caranya sangat mudah sekali.

  1. Buka Photohop 
  2. Tekan tombol CTRL+Alt+Shift secara bersamaan lalu close/tutup Aplikasi Photohop 
  3. Dalam kedaan masih ditekan, buka kembali Photohop, nanti akan muncul pesan peringat, klik saja OK. dan Photohop akan di kembalikan pengaturan awal. 
  4. Terakhir restart komputer
Berdasarkan pengalaman, dengan melakukan reset, Photohop Saya kembali normal dan bisa digunakan seperti biasa untuk keperluan editing foto.

8 Responses to "Cara Mengatasi Photoshop Yang Sering Not Responding"

  1. Nah ini dia ilmu baru, kang.. kadang saya suka kesel kalau lagi edit banyak tiba2 photoshop nge-hang, kalau saya langsung restart komputer, baru photoshop-nya bisa di buka kembali.

    ReplyDelete
  2. jadi kalau begitu photoshop nya harus di kembalikan lagi ke default ya kang semacam reset data pabrik :)

    ReplyDelete
  3. Restart komputer, itu biasanya cara saya mengatasi error pada photoshop ternyata ada cara yg lebih baik ya kaang...

    ReplyDelete
  4. jln satu2nya yg sering ane lakukan ya restart komputer sob

    ReplyDelete
  5. langsung praktek nih mas, kebetulan saya sering ngalamin gitu. makasih

    ReplyDelete
  6. wah loh saya kira krena ukuran gambar terlalu besar untk ditempel ke photo selanjutnya mkanya not responding. trnyata photoshopnya prlu di setting ke default ya mas. makasih ilmu shringnya mas^^

    ReplyDelete
  7. mas saya mau tanya tapi menyimpang dari topik, bagaimana kalo mengatasi mozilla sering not responding

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorialnya udah ada kang,,, silahkan cari menggunkan custom pencarian di blog menggunakan kata kunci "Cara Mengatasi Program Komputer Yang Sering Crash" :D

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...