Extract Folder Web ke htdocs

Saat belajar membangu/membuat sebuah website pasti kita akan sering mendengar istilah extract folder ke htdocs, copy folder ke htdocs dsb. Extract folder ke htdocs saya pahami sebagai suatu cara untuk mengcopy file atau memisahkan file dari folder yang berbentuk zip ke dalam folder biasa.

Pada tutorial
Instalasi Drupal 8 di Windows 7 Saya juga menggunakan istilah extract untuk menunjukan sebuah perintah dimana seseorang harus terlebih dahulu merubah folder dalam bentuk zip kedalam bentuk folder biasa sebelum di copy/dipindahkan ke dalam folder website yaitu htdocs. Karena file – file /folder web yang tersimpan dalam bentuk folder zip isinya tidak bisa di eksekui oleh web server.

Lalu apa itu htdocs ?
 
This folder have different names, but basically is a folder with "permits public access" . The folder can be called Linux systems: htdocs public_html www. In OSx (Apple), this folder is called "Sites" in Windows Server called "WWWroot".

htdocs Saya pahami sebagai jenis folder pada web server yang berfungsi untuk menyimpan data – data/file website yang akan kita buat, atau kalau di web hosting biasanya foldernya adalah public_html, intinya folder ini memungkinkan untuk di akses oleh publik. Bila Anda menggunakan xampp versi windows, maka letak folder htdocs berada di C:\xampp\htdocs, sedangkan bila anda menggunakan linux ubuntu, maka letak foldernya berada di /opt/lampp/htdocs. Untuk memindahkan folder website ke folder htdocs kita bisa melakukan copy paste secara langsung ke dalam folder htdocs. Bila Anda pengguna linux ubuntu, untuk memindahkan folder web ke htdocs caranya telah saya bahas pada artikel
Memindahkan Folder Website ke htdocs XAMPP Ubuntu 
Jadi sekarang bagimana melakukan extract folder web ke htdocs ?
 
Saya sendiri lebih senang melakukan extract terlebih dahulu, tidak extract langsung ke dalam folder htdocs, maksudnya folder di jadikan kedalam bentuk folder biasa terlebih dahulu baru di copy kan ke dalam folder htdocs. 
extract folder web

Contohnya disini Saya punya file zip dengan nama “drupal-8.1.8.zip” Saya klik kanan pada folder tersebut kemudian klik “Extract Here” supaya folder di rubah kedalam bentuk folder biasa, selanjutnya di salin dan paste ke folder htdocs, atau juga kita bisa melakukan extract ke folder htdocs secara langsung dengan memilih “Extract to..”

Jadi intinya istilah Extract Folder Web ke htdocs sebenarnya di tujukan untuk folder yang berada dalam bentuk zip, karena kalau foldernya dalam bentuk biasa mungkin akan menggunakan istilah copy – paste.

1 Response to "Extract Folder Web ke htdocs"

  1. hmm, harus dipisahkan gtu ya mas..
    *sok tau *kibasrambut :D

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...