Menampilkan Ekstensi File di Windows

Secara umum file – file yang berada dalam sebuah sistem komputer baik itu Windows, Linux, Mac dll,  pasti memiliki ekstensi atau dalam bahasa ingris di sebut extensions yang merupakan bagian dari identitas file itu sendiri.
 
Ekstensi file menunjukan atau menginformasikan kepada pengguna tentang jenis/format file seperti contohnya .exe .doc .docx .php .html .jpg .png, dll. Ekstensi file juga sebenarnya secara tidak langsung menginformasikan tentang jenis aplikasi yang digunakan untuk membuat file, bila file berekstensi .doc atau .docx berarti file tersebut merupakan jenis file Ms. Word, tapi hal tersebut tidak bisa menjadi patokan karena ekstensi file juga bisa di rubah – rubah oleh pengguna komputer, sehingga bisa saja file yang sebenarnya berformat/bertipe .jpg driubah ke extensi .docx

Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya bahwa ekstensi sebuah file bisa di rubah oleh pengguna komputer, sebelum merubah ekstensi khususnya disini file yang ada di sistem operasi jenis windows maka Anda perlu menampilkan ekstensinya terlebih dahulu. 

Menampilkan Ekstensi File di Windows bisa dilakukan dengan cara sebagi berikut :
  1. Masuk ke windows explorer/masuk ke salah satu drive tempat dimana Anda menyimpan data di komputer 
  2. Tampilkan terlebih dahulu menu bar pada jendela window explorer 
  3. Klik Organize > Layout > Menu bar 
    Menampilkan menu bar windows explorer
  4. Maka nanti akan muncul menu bar, seperti File, Edit, Tools dan Help 
  5.  Klik Tools > Folder Options 
    Menghilangkan tanda centang supaya ekstensi file dapat di lihat
  6. Klik tab/menu View kemudian hilangkan tanda centang pada Hide extensions for known file types. Klik Apply > OK

Dengan cara diatas maka nanti ektensi atau jenis format file yng terdapat dalam komputer akan di tampilkan seperti terlihat pad gambar berikut :
 
ektensi file di windows berhasil di tampilkan


Dari gambar diatas terlihat bahwa ada 3 file dengan ektensi .PNG yang menandakan bahwa file tersebut merupakan jenis file gambar. Ektensi atau format file tersebut bisa di rubah ke dalam bentuk lain yaitu dengan cara melakukan klik kanan pada gambar kemudian memilih rename, ektensi file sebelumnya bisa langsung Anda hapus kemudian dig anti kedalam format lain misal disini akan Saya rubah ke dalam ektensi .docx, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini
 
ektensi gambar PNG yang di ganti ke docx


Bila file yang seharusnya berektensi .PNG tersebut di rubah ektensinya jadi .docx maka file tersebut tidak akan bisa dibuka oleh Ms. Word seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
 
ekstensi file yang dirubah dari PNG ke docx tidak bisa dibuka


Tapi hasilnya akan berbeda bila gambar di rubah ke dalam format .jpg atau .jpeg, file gambar akan tetap bisa dibuka karena jpg juga termasuk jenis ektensi file yang masih berhubungan dengan gambar. 

Contoh lainnya bila saya memiliki file dengan ektensi .php, kemudian Saya rubah kedalam format .docx, file tersebut juga tidak akan bisa di buka secara langsung oleh Ms. Word dan hasilnya akan sama seperti gambar di atas, namun bila file tersebut masih berformat PHP dan di buka menggunakan Ms. Word, maka file PHP tersebut akan bisa di baca dengan baik oleh Ms. Word.
 
Jadi bila ektensi file yang di rubah masih memiliki dukungan/support satu sama lain, maka file tersebut akan tetap bisa di buka, seperti contohnya .PNG dengan .JPG atau JPEG. Merubah ektensi sebuah file pada komputer juga sangat bermanfaat untuk hal keamanan atau privasi, seseorang bisa mengelabui pengguna komputer lain yang tidak bertanggung jawab dengan cara merubah ektensi file yang terdapat di komputer supaya tidak bisa dibuka.

4 Responses to "Menampilkan Ekstensi File di Windows"

  1. Jalan pagi nih mas..sambil ronda..hahaa

    ReplyDelete
  2. detail nya jd agak panjang ya mas dgn ditampilkannya "ekstensi"..
    tpi lebih enak cara ini jg ya otomatis membaca, ketimbang klik kanan file buka properties ngeliat jenis ekstensinya..

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...