Cara Memberi Pasta Pada Processor Komputer

Pasta Processor atau juga bisa disebut dengan thermal paste digunakan untuk mendinginkan processor komputer ataupun laptop, sehingga diharapkan dengan memberikan pasta pada processor komputer/laptop dapat menghindarkannya dari overheat yang bisa membuat komputer sama sekali tidak dapat bekerja.

Bila Komputer Anda digunakan untuk menajalankan aplikasi – aplikasi yang berat, memakan banyak memori dan kinerja Processor maka processor yang Anda gunakan akan lebih cepat panas, bila demikian maka jangan biarkan pasta di processor Anda mengering.

Secara umum pasta akan diletakan pada kepala/bagian atas processor kemudian ditutup menggunakan heatsink. Jadi secara garis besar Thermal paste berfungsi untuk menghambat panas yang berasal dari processor menuju ke heatsink agar mudah dilepaskan panasnya keudara.

Pasta processor biasanya banyak ditemukan di toko – toko komputer, harganya bervariasi, dari yang 20 ribu sampai 100ribu rupiah, ada juga yang harganya 5 ribu rupiah dikemas dalam plastik kecil dengan bentuk seperti wadah suntikan
pasta processor harga 5 ribu
Harga Pasta untuk Processor 5 ribu rupiah dalam kemasan tabung plastik seperti alat suntuk



Cara Memberi Pasta Pada Processor Komputer sangatlah mudah, berikut ini adalah cara - caranya
  1. Buka komputer. 
  2. Buka bagian penutup atau heatsink 
  3. Bersihkan sisa - sisa pasta yang ada sebelumnya pada kepala processor
  4. Kemudian siapakan pasta, oleskan pasta kebagian atas komputer, Saya pribadi mengoleskannya sebesar biji jagung, tapi ada juga yang di oleskan secara menyeluruh ke bagian atas processor

    kepala processor yang diolesi pasta
  5. Terakhir bila sudah selsai tutup kembali procesoor menggunakan heatsink

Walaupun memang terlihat sepele, dan memang jarang sekali orang yang memperhatikan suhu dari processor yang digunakannya, tapi saya sarankan untuk terus memantau suhu processor Anda menggunakan aplikasi – aplikasi pengukur suhu processor seperti yang sudah Saya jelaskan pada artikel berjudul :
Mengecek Temperatur Processor Komputer/Laptop

4 Responses to "Cara Memberi Pasta Pada Processor Komputer"

  1. Oh jadi kadang penyebab overheat ini karena tidak adanya pasta ya gan! Jadi tahu nih saya, makasih!

    ReplyDelete
  2. Waduh, saya belum paham kalau yang ginian, saya bisanya hanya langsung pakai, kalau suruh otak-atik seperti ini, kepala ane jadi pusing!

    ReplyDelete
  3. Pasta juga harus rajin dicheck dan diganti kan

    ReplyDelete
  4. Saya pernah mengalaminya mas awal nya komputer sring Hang trus dibawa ketukang service dikasih pasta emang suhunya jadi turun

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...