Aplikasi Manajemen Karyawan – ApliMak

ApliMak(Aplikasi Manajemen Karyawan) merupakan Aplikasi berbasis web yang dibuat mengguanakan PHP, Bootstrap dan MySQL sebagai basis datanya. Aplikasi ini sebenarnya merupakan terusan dari Aplikasi Penyimpanan Data Pegawai Berbasis Web. Fungsi dari Aplikasi ini tentu untuk management karyawan, untuk menyimpan data – data karyawan sehingga perusahaan lebih mudah dalam melakukan pendataan / mencari data karyawannya. 

ApliMak sudah mendukung proses CRUD (Create, Read, Update, Delete) sehingga nanti datanya lebih fleksibel/dinamis, perusahaan dapat menambah data karyawan, membaca data, mengupdate data dan melakukan pendeletan data. Dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan filter dimana data bisa ditampilkan berdasarkan status kerjanya, misalnya jika kita ingin melihat data karyawan training, maka tinggal cukup menu karyawan training. Selain itu data – data tersebut bisa dirubah kapan saja, misalnya tadinya karyawan training jadi karyawan kontrak, atau tadinya karyawan kontrak jadi karyawan tetap, cukup mengedit datanya kemudian rubah status kerjanya, maka data secara otomatis juga akan ikut berubah

Berikut ini adalah adalah penjelesan menu dari ApliMak ( aplikasi manajemen karyawan )   beserta fungsinya:

1. Fitur untuk input data karyawan
Sama halnya seperti aplikasi pada umumnya, aplimak tentunya sudah dilengkapi dengan fitur untuk menambah karyawan, data – data karyawan yang dimasukan berupada data nama, tempat/tanggal lahir, alamat, jenis kelamain, status perkawinan, jabatan, status pekerjaan, dan fitur untuk upload foto karyawan. Untuk Menambah data karyawan klik Data Karyawan -> Tambah Karyawan


aplimak tambah karyawan baru

2. Melihat Data Karyawan
Data karyawan yang dilihat dibagi menjadi 4 bagian diantaranya, Semua karyawan, Karyawan Tetap, Karyawan Kontrak, dan Karyawan Training. Bila Anda klik menu semua karyawan maka seluruh data karyawan yang di input ke aplikasi akan ditampilkan sedangkan sisanya data karyawan dilihat berdasarkan status kerjanya, yaitu karyawan tetap, kontrak dan training.



data semua karyawan

Data karyawan yang terlihat pada tab/menu Semua karyawan ditampilkan menggunakan DataTables begitupun dengan data – data yang lainnya(tetap, kontrak dan training), sehingga perusahaan lebih mudah untuk mencari data hanya dengan menuliskan kata kunci tertentu pada kolom ‘search’ maka data yang dikehendai akan ditampilkan berdasarkan kata kunci yang dimasukan.

Pada kolom akses terdapat tiga icon, yaitu icon mata untuk melihat detail karyawan, pensil untuk edit data karyawan dan tong sampah untuk menghapus data karywan. Icon mata digunakan untuk melihat detail profile karyawan. Karena pada tabel semua karyawan tidak semua datanya ditampilkan, data yang ditampilkan hanya berupa nama, jabatan dan No. Tlp. Bila Anda klik icon mata maka Anda akan dibawa menuju halaman detail profile seperti berikut


melihat detail profile karyawan

Selain dari menu Semua Karyawan, dari halaman detail profile pun Anda juga bisa melakukan proses edit data. Cukup klik tombol edit, maka Anda pun akan langsung diarahkan ke halaman seperti berikut



tampilan edit data karyawan
Bila data yang ada ingin diperbaharui, maka Anda cukup klik update.

3.Pengaturan
Pada pengaturan terdapan menu Halaman Depan. Data pada halaman ini nantinya akan ditampilkan pada halaman Dasboard admin. Pada halaman ini berisi Home, Profile dan Visi Misi Perusahaan. Anda bisa mengubah data – datanya sesuai dengan keinginanan Anda. Klik Simpan bila data yang dinginkan sudah diinput ke form seperti dibawah ini


pengaturan halaman depan

Data tersebut nantinya juga akan tampil dihalaman depan (index). Data yang terdapat pada halaman depan akan sesuai dengan dengan data yang berada pada halaman pengaturan > halaman depan


tampilan halaman depan aplikasi

4.User Profile
Halaman ini digunakan untuk merubah identitas administator dari Aplikasi Manajemen Karyawan (ApliMak). Data tersebut tentunya berupa username dan password untuk login, nama pemilik, email dan foto Administrator. Anda bisa merubah data Administrator login untuk ke aplikasinya, bila semua data sudah diisi maka Anda cukup tekan tombol Update


pengaturan untuk login ke aplikasi

ApliMak (Aplikasi Manajemen Karyawan) ini mungkin masih sangat sederhana, belum maksimal dan mungkin juga belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan – perusahaan yang ada. Ide pembuatan aplikasi ini berawal dari sebuah pemikiran tentang bagaimana agar seorang HRD di sebuah perusahaan bisa melakukan management karyawan dengan cara yang lebih mudah, cepat, hemat dan efisien. Meskipun keinginan tersebut belum tercapai sepenuhnya, tapi diharapkan ApliMak ini bisa membantu dalam proses manajemen karyawan disebuah perusahaan.


DEMO ApliMak (Aplikasi Manajemen Karyawan) 



DOWNLOAD ApliMak
--------
Update#3/6/2017
Aplimak v.2.1
Detail Update : Update Aplimak v.2.1


12 Responses to "Aplikasi Manajemen Karyawan – ApliMak"

  1. Mas Ahmad anggota TNI ya? keren!
    Ini app praktis ya. Jadi ga perlu bikin app lagi untuk masukin data karyawan.

    ReplyDelete
  2. sepertinya Aplikasi ini jadi membuat pekerjaan administrasi bagian kepegawaian jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  3. wah saya mau buat keperluan di Tu. sy bookmark dulu deh

    ReplyDelete
  4. mungkin masih sederhana tapi enak juga ya menggunakannya mudahnya. kalo saya lihat dari uraiannya.

    ReplyDelete
  5. senangnya makin banyak aja aplikasi yang memudahkan pekerjaan, yang ini pasti memudahkan di bidang SDM banget ya bang

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. coba liat dulu demo di videonya kaka,,, :)

      Delete
  7. mas, saya coba login berkali-kali, selalu muncul Gagal konek:Unknown database 'karyawan'

    ReplyDelete
  8. code mana yg harus di setting gan? agar bisa connect db?

    ReplyDelete
    Replies
    1. konfigurasi DBnya,, nama db dan username dbnya diseusikan...
      kalau di xampp,, username dbnya root pwdnya biasanya kosong,,,
      jadi ntar sesuikan nama dbnya...
      buka file koneksi.php yang ada di pages\system\conf

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...