Mengatasi Masalah Notebook HP Mini Yang Tidak Bisa Dinyalakan

Suatu hari ada seorang teman yang membawa sebuah notebook HP Mini 110-3500  dalam keadaan mati, maksudnya saat adaptor dimasukan ke Notebook, lampu indikator tidak menyala serta saat ditekan tombol turn on,  notebook tidak mau merespon / tidak mau menyala.

Sebelum memeriksa saya bertanya dulu kepada teman saya tersebut, apakah notebook terjatuh atau mengalami kerusakan lain sebelumnya, namun teman saya mengatakan bahwa notebook sebelumnya tidak mengalami kerusakan ataupun terjatuh, dia hanya menyimpan notebooknya didalam lemari dalam waktu yang cukup lama, namun ketika akan coba dinyalakan, notebook tidak merespon / tidak menyala

Baca juga : Cara Memperbaiki Notebook Yang Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Bios

Pada awalnya saya mengira mungkin notebook mati total dan ada kerusakan pada hardware, tapi karena waktu itu saya penasaran maka saya coba - coba melakukan “Hard reset” pada notebook. Teknik reset ini tidak seperti teknik reset sebelumnya dengan melakukan pencabutan baterai CMOS, namun teknik reset ini merupakan teknik reset yang pernah saya baca di salah satu forum Hewelt Packard (HP) saat membahas tentang masalah yang sama yaitu notebook tidak bisa dinyalakan.


Untuk lebih detailnya silahkan baca - baca pada thread berikut :

  1. https://h30434.www3.hp.com/t5/Notebook-Hardware-and-Upgrade-Questions/HP-mini-1109tu-wont-turn-on-and-has-its-power-led-blinking/td-p/284618
  2. https://support.hp.com/rs-en/document/c03518165 (Windows 8 - 10)
  3. https://support.hp.com/us-en/document/c01443371 (Windows 7)

Teknik reset ini sangat mudah, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Cabut baterai Notebook 
  2. Masukan daya/adaptor ke notebook 
  3. Tekan / tarik tombol turn on/of selama 15 detik kemudian lepas 
  4. Setelah itu lepaskan daya kemudian masukan baterai kembali 
  5. Masukan kembali daya dari adaptor dan tekan kembali tombol turn on seperti biasa
  1. Cabut baterai Notebook 
  2. Cabut Adaptor (casan laptop) 
  3. Tekan / tarik tombol turn on/of selama 15 detik kemudian lepas 
  4. Kemudian masukan kembali daya dari adaptor (tapi jangan masukan baterainya) 
  5. Terakhir tekan kembali tombol turn on seperti biasa

Dalam kasus ini saya berhasil mengatasi notebook yang tadinya tidak bisa dinyalakan menjadi bisa dinyalakan, kembali normal seperti biasa. 

notebook HP mini


Masalah ini ternyata tidak sampai disini karena ada masalah lainnya yaitu, sistem operasi windows yang terdapat dalam hardisk tidak bisa diakses dengan baik, setelah berhasil masuk windows dalam beberapa detik tiba – tiba layar padam begitu saja seperti masuk kedalam mode sleep atau hibernate, karena memang pada saat layar mati, mesin notebook masih menyala, hal tersebut ditandai dengan terdengarnya putaran kipas pendingin. Saat dicoba booting dari flashdisk windows, sistem komputer juga menunjukan perilaku yang sama, layar tiba – tiba padam, namun mesin masih menyala, namun ketika masuk kedalam “Safe Mode” notebook bisa menyala secara lama,  layar tidak tiba – tiba padam, sistem komputer dalam “Safe mode” berprilaku normal, jadi ini bertolak belakang dengan sistem utamanya yang sama sekali sulit diakses. Masalah ini mungkin akan saya bahas pada artikel berikutnya, supaya pembahasannya bisa lebih spesifik lagi.


Baca kelanjutannya : Notebook HP Mini Tidak Bisa Masuk Windows, Layar Tiba – tiba Mati


0 Response to "Mengatasi Masalah Notebook HP Mini Yang Tidak Bisa Dinyalakan"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...