Memperbaiki Notebook Advan P1N - 46132S Yang Minta Restart Terus


Menghadapi masalah notebook yang minta restart ini sebenarnya bukan kali pertama bagi Saya, sebelumnya pernah juga menangani beberapa notebook yang mengalami masalah tersebut, yang membedakannya hanyalah tingkat kesulitannya, karena meskipun kadang gejalannya sama namun tidak semuanya ditangai dengan cara yang sama.
Baca juga :

Tapi sebenarnya Saya sendiri memiliki prosedur khusus untuk memperbaiki notebook / laptop yang mengalami kerusakan seperti restart terus ataupun tidak menyala. Prosedur yang saya maksud disini adalah tahapan dimana saya memulai untuk mendiagnosa sumber masalah. Prosedur yang saya maksud disini adalah sebagai berikut :

  1. Tanyakan Kepada User, mengenai hal apa yang pernah dia lakukan sebelum notebook / laptop rusak
  2. Mencabut Hardisk. Dalam contoh kasus khususnya Laptop / Notebook yang meminta restart terus Anda bisa melakukan pencabutan hardisk, untuk melihat reaksi apa yang terjadi jika Hardisk di cabut
  3. Melakukan Reset. Reset dilakukan untuk membuat notebook / laptop dikembalikan ke pengaturan awal. Dalam contoh kasus Notebook yang tidak bisa menyala, cara ini cukup ampuh dilakukan

Cara – cara diatas sering saya lakukan khususnya untuk mengatasi masalah seperti notebook / laptop yang meminta restart terus.

Dari hasil pemeriksaan Notebook Advan P1N - 46132S Yang Minta Restart Terus, saya mencatat beberapa poin yaitu :
memperbaiki notebook advan
  1. Saat Notebook dianyalakan, muncul layar hitam yang berisi pesan bahwa perangkat harus direstart. "Reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device" Begitu isi pesan yang muncul pada layar notebook
    hardisk tidak terdeteksi
  2. Saya berpikir ada kemungkinan hardisk tidak terdeteksi oleh sistem, dan ternyata benar saja saat dilihat di bios, hardisk notebook tidak terdeteksi
  3. Akhirnya Saya coba bongkar notebook, dan ternyata memang soket sata hardisk notebook sedikit terlepas atau tidak terpasang dengan baik.
  4. Saya coba pasangkan kembali hardisk, kemudian setelah itu melakukan reset CMOS
  5. Setelah itu akhirnya Hardisk terdeteksi di Bios
  6. Setelah hardisk terdeteksi, Saya coba melakukan booting dari hardisk yang sudah terinstal sistem windows
  7. Namun kali ini notebook selalu restart, tanpa memberikan pesan seperti sebelumnya.
  8. Saat akan mencoba menampilkan startup windows, notebook restart dan terlihat dalam satu detik ada tampilan “blue screen”
Dari poin – poin diatas sebenarnya kita sudah bisa mengambil kesimpulan untuk mengakhiri permasalahan ini, yaitu dengan cara melakukan instal ulang sistem windows Notebook.

Jadi kesimpulannya, akar permasalahan dari Notebook Advan P1N - 46132S Yang Minta Restart Terus adalah, pertama hardisk tidak terdeteksi dan yang kedua adalah windows mengalami blue screen.

0 Response to "Memperbaiki Notebook Advan P1N - 46132S Yang Minta Restart Terus"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...