Mengenal Alat – Alat Keamanan di cPanel


Saat kita membeli atau menyewa sebuah hosting umunya kita juga akan diberikan berbagai macam fasilitas ataupun tools yang berguna untuk membantu kita dalam pengelolaan website, dari mulai alat instalasi website,  pengelolaan database, file / folder website,  alat/tools yang berhubungan dalam membantu keamanan website, dan lain sebagainya.

Sistem website yang dibangun seperti menggunakan CMS WordPress, Joomla, Drupal dan lain – lain, mungkin memiliki sistem keamanan tersendiri untuk memproteksi sistem websitenya, namun kendati demikian alat keamanan yang disediakan di cPanel akan sangat membantu dalam menambah atau memperkuat benteng keamanan website, meskipun tidak ada jaminan seratus  jika menggunakan tools keamanan di cPanel, sistem yang kita gunakan jadi aman sepenuhnya tanpa celah, tapi yah setidaknya ada usaha untuk memperkecil kemungkinan adanya celah keamanan yang bisa merugikan baik itu pemilik , pengguna atau pengunjung website.

Ada beberapa fitur keamanan yang umumnya disediakan dalam sebuah cPanel, diantaranya :

Mengenal Alat – Alat Keamanan di cPanel

  1. Hotlink Protection
    Hotlink Protection  mencegah situs web lain dari langsung menghubungkan ke file (sebagaimana ditentukan di bawah ini) di situs web Anda. Situs lain masih dapat ditautkan ke jenis file apa pun yang tidak Anda tetapkan di bawah ini (mis. File html). Contoh dari hotlink akan menggunakan tag untuk menampilkan gambar dari situs Anda dari tempat lain di internet. Hasil akhirnya adalah situs lain mencuri bandwidth Anda. Buat daftar semua situs di bawah ini dari mana Anda ingin mengizinkan tautan langsung. Sistem ini mencoba menambahkan semua situs yang diketahui milik Anda ke dalam daftar; namun, Anda mungkin perlu menambahkan yang lain.

  2. SSH Access
    SSH memungkinkan transfer file aman dan login jarak jauh melalui internet. Koneksi Anda melalui SSH dienkripsi memungkinkan koneksi aman. Di bagian ini Anda dapat mengatur kunci SSH Anda untuk memungkinkan otomatisasi saat masuk melalui SSH. Menggunakan otentikasi kunci publik adalah alternatif untuk otentikasi kata sandi. Karena kunci privat harus dipegang untuk mengotentikasi, hampir tidak mungkin melakukan kekerasan. Anda dapat mengimpor kunci yang ada, menghasilkan kunci baru, serta mengelola / menghapus kunci. SSH (Secure Shell) adalah program untuk masuk ke komputer / server lain melalui jaringan dengan aman. Ini memberikan otentikasi yang kuat dan komunikasi yang aman melalui saluran tidak aman. Login, perintah, teks Anda semua dienkripsi saat menggunakan ssh.
  3. SSL
    Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) memungkinkan pengunjung untuk berkomunikasi dengan situs web Anda melalui koneksi yang aman — misalnya, untuk mengirimkan informasi pembayaran kartu kredit. Situs web yang sudah mengimplementasikan SSL biasanya akan diatandai dengan bentuk request https://. Baca : Cara Mudah Mengaktifkan HTTPS Domain di cPanel/Hosting
  4.  IP Blocker
    Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk memblokir berbagai alamat IP untuk mencegah mereka mengakses situs Anda. Anda juga dapat memasukkan nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat, dan Manajer Penyangkalan IP akan berusaha menyelesaikannya ke alamat IP untuk Anda.
  5. Leech Protection
    Leech Protect memungkinkan Anda untuk mencegah pengguna Anda memberikan atau memposting kata sandi mereka secara publik ke area terbatas dari situs Anda. Fitur ini akan mengalihkan akun yang telah disusupi ke URL pilihan Anda (dan menangguhkannya, jika Anda mau).
  6. ModSecurity
    Sederhananya ModSecurity ini dapat membantu dalam melakukan perlindungan terhadap website dari Malware atau file – file yang dicurigai sebagai script yang berbahaya.

    Dalam beberapa percobaan yang saya lakukan, dimana saya dengan secara sengaja menyisipkan sebuah backdoor ke sistem web ketika ModSecurity aktif, backdoor sama sekali tidak dapat bekerja saat saya coba untuk mengaksesnya. Mungkin Anda bisa saja mengklaim sistem website yang Anda gunakan aman, namun tidak ada salahnya untuk tetap membiarkan ModSecurity di cPanel Anda dalam keadaan aktif, agar dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap situs web Anda.

    Berdasarkan pengalaman, ModSecurity ini sangat sensitif, mungkin ada beberapa hal yang dapat menganggu kinerja plugins/module atau sistem website Anda, seperti saat menggunakan formating tertentu pada text editor, atau melakukan request menggunakan ajax
  7. Two Factor
    Two-factor authentication (2FA) peningkatan ukuran keamanan yang memerlukan dua bentuk identifikasi: kata sandi Anda dan kode keamanan yang dihasilkan. Ketika 2FA diaktifkan, aplikasi di smartphone Anda menyediakan kode yang harus Anda masukkan dengan kata sandi untuk masuk. Ini mirip seperti verifikasi dua langkah yang diberlakukan oleh sistem keamanan Google

Jadi itulah alat – alat ataupun tools keamanan yang biasanya sering terdapat pada sebuah layanan cPanel. Tools keamanan tersebut tentu akan sangat berguna khususnya bagi keamanan situs web yang Anda kelola

Related Posts :

0 Response to "Mengenal Alat – Alat Keamanan di cPanel"

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...