Salah Kaprah Soal Jumlah Penayangan atau Trafik Statistik Blog


Salah Kaprah Soal Jumlah Penayangan atau Trafik Statistik Blog

Blogger / Blogspot memiliki alat statistis sendiri, biasanya terdiri dari jumlah tampilan perhari, bulan sampai jumlah seluruh penayanganya. Tidak sampai disitu saja, alat statistik pada blog juga melakukan pendaataan berdasarkan negara, postingan tertentu dan kata kunci yang digunakan oleh pengunjung.

Tapi sebenarnya kalau kita perhatikan, terkadang ada perbedaaan yang signifikan dalam perhitungan yang dilakukan oleh alat statistisk yang terdapat blogspot dengan alat statisk seperti milik Google Analytics. Bahkan setelah saya melakukan perbandingan, nilai perhari yang dilaporkan oleh statistik blogger dengan statistik Google anlytics ternyata cukup jauh berbeda.

Perhitungan Statistik Blogger
Bila diperhatikan ternyata sistem pengambilan nilai trafik laporan perhari diblog menghitung setiap reload halaman yang dilakukan oleh user, berarti jika terjadi reload sengaja sebanyak 1000 kali oleh user yang sama maka akan dihitung atau dilaporkan sebanyak 1000 kali juga, silahkan Anda coba cek sendiri. Dengan demikian terkadang trafik atau statistik yang ditampilkan diblogger tidak bisa dijadikan bahan acuan tentang perkembangan blog kita.

Perhitungan Statistik Google Anlytics
Lalu bagaimana dengan analytics google ? saya tidak tahu secara pasti bagaimana perhitungan jumlah laporan trafik yang dilakukan oleh google analytics, apakah menghitung setiap reload halaman yang dilakukan oleh user yang sama atau tidak ? tapi ada perbedaan yang cukup jauh antara perhitungan statistik di blogspot dengan google analytics, dimana ketika laporan statistik blogger menampilkan jumlah yang besar justru analytics memberikan laporan yang relatif lebih kecil

Perbandingan Perhitungan Statistik Blogger dan Google Anlytics

Contoh :
Pada 1 agustus analytic google melaporkan sekitar 1.537  sedangkan pada statistik blogger melaporkan jumlah trafik sebanyak 2.505  , selanjutnya pada tanggal 2 agustus statistik blogger melaporkan  2.223 sedangkan di anlytics dilaporkan 1.436. 


Mana yang Lebih Baik ?

Saya tidak tahu secara pasti, tapi saya meyakini hitungan Google Analytics lebih baik dibandingkan dengan hitungan statistik di blogger, analytics lebih detail, bahkan dia menandai setiap user menggunakan id tertentu yang didalamnya terdapat data – data halaman yang dikunjungi oleh user, namun tetap dihitung satu kali kunjungan dalam seharinya meskipun dia membuka halaman – halaman yang lain di situs Anda .

Terakhir

Jika menggunakan statistik blogger sebagai bahan acuan atau pertimbangan misalnya untuk keperluan iklan, kerjasama atau review maka mungkin kurang tepat, meskipun tidak salah juga, pasalanya jika perhitungannya mengacu kepada perhitungan statistik blogger seperti yang saya alami diatas, maka kemungkinan nilainya bisa dimanipulasi dengan mudah (bukan diedit menggunakan photoshop) dengan cara melakukan reloading halaman berkali – kali sehingga bisa menghasilkan nilai yang besar, atau data acuannya malah jadi kurang tepat.

Dalam beberapa pengalaman, para pemberi kerja misalnya untuk pemberian backlink ke situs si pemberi kerja, kebanyakan justru menggunakan kata kunci yang mereka ingin dapatkan melalui mesin pencari bukan mengacu ke trafik dari statistik blog. Tapi kendati demikian, tidak ada salahnya juga, hanya saja jika meggunakan statistik blog mungkin nilainya akan sedikit keliru dengan nilai sebenarnya, itu pemahaman saya, tapi kalau keliru atau tidak percaya silahkan gunakan dan yakini pemahaman masing – masing saja

Related Posts :

1 Response to "Salah Kaprah Soal Jumlah Penayangan atau Trafik Statistik Blog"

  1. setuju sih, memang google analityc itu lebih akurat. DI statistik blogger hanya menampilkan jumlah view saja,

    sedangkan di google analytic bisa menampilkan data user dan view. Sementara itu pengertian user dan view sendiri saja sudah berbeda

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...