Konten Kreator Youtube di Luar AS Akan Dikenai Pajak

potongan pajak konten kreator - root93

Berdasarkan informasi email yang didapatkan dari Yotube Tim bahwa kreator diminta untuk mengiriman informasi pajak pada halaman Adsense. Pajak ini nantinya akan terdiri dari 6 langkah dan akan menyakan beberapa pertanyaan dalam menentukan apakah ada pajak AS yang berlaku.

Dari email tersebut yang saya pahami adalah sebagai berikut :


  1. Google memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua pembuat konten yang memonetisasi di luar AS dan memotong pajak dalam kasus tertentu ketika mereka memperoleh penghasilan dari pemirsa di AS.
  2. Untuk pembuat konten di luar AS, kami akan segera memperbarui Persyaratan Layanan kami di mana penghasilan Anda dari YouTube akan dianggap sebagai royalti dari perspektif pajak AS. Ini dapat memengaruhi cara penghasilan Anda dikenai pajak, dan sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang AS, Google akan memotong pajak
  3. Jika Anda memberikan info pajak, pajak AS hanya dapat diterapkan ke penghasilan bulanan AS dari AdSense (pendapatan yang diperoleh dari penonton di AS melalui penayangan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Membership Channel). Jika tidak ada info pajak yang diberikan, tarif pajak Anda mungkin default ke tarif pemotongan cadangan individu yang lebih tinggi (24% dari total penghasilan di seluruh dunia).

Jadi kemungkinan pajak ini sebenernya berlaku dan akan dikenakan untuk konten kreator yang berada diluar AS yang mendapatkan pengahsilan dari penonton yang berada di AS. Selanjutnya pembuat konten di luar AS akan tetap dikenai pajak dimana hal tersebut akan diangga sebagai royalti dalam perpektif pajak AS.

Menurut saya kita perlu memberikan informasi pajak, karena jika tidak diberikan kemungkinan akan dipotong, sedangkan jika kita memberikan informasi pajak maka pajak tersebut hanya diterapkan untuk pendapat yang diperoleh dari penonton AS. 

Begitulah kira - kira kesimpulan saya.  

Baca juga :


Related Posts :

2 Responses to " Konten Kreator Youtube di Luar AS Akan Dikenai Pajak"

  1. Sebenarnya ga ada pengaruh ke saya sih ini bang, cuma sedih ketika banyak blogger, vlogger dan pengembang aplikasi yang bergantung pada duit adsense ini..

    Cuma untuk vlogger di Indonesia, pajaknya lumayan gede juga lho ya.. apa kena 2x pajak ya bang kalo di indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Defaultnya 24% itu cuma buat konten youtube aja kayaknya, itupun belum tentu jatuhnya segitu bisa aja gak ada atau berkurang pajaknya. Kalau yang sudah saya alami, untuk konten diluar platform yotube, udah ada potongan 10%, tapi kadang saya gak ada potongan juga, jadi kadang kepotong kadang enggak

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...