Instalasi dan Konfigurasi Module CKEditor Link

CKEditor adalah salah satu module atau plugins yang bisa ditambahkan pada CKeditor yang sudah terinstal pada sebuah Website Drupal. CKEditor akan mempermudah Anda untuk membuat link antar artikel (konten web) khususnya link internal (Internal Path).

Umumnya ketika seseorang ingin menghubungkan (link) antara satu artikel dengan artikel lain maka orang tersebut perlu mengcopy link (alamat) url dari artikel yang bersangkutan, sedangkan bila Anda menambahkan CKEditor link maka Anda cukup menggunakan opsi Internal Path, lalu tinggal ketik kata kunci atau judul artikel yang dihubungkan, maka secara otomatis nanti CKEditor link akan menampilkan/mencari artikel yang dimaksud.

Untuk menambahkan CKEditor link tentu saja Anda telebih dahulu perlu menambahkan/menginstal module CKEditor terlebih dahulu, untuk instalasi CKEditor sendiri sudah Saya bahas pada artikel Menambahkan Teks Editor Baru ke CMS Drupal ,kemudian selanjutnya Anda unduh terlebih dahulu module CKEditor dari situs resmi Drupal. Dalam tutorial ini Saya menggunakan CKEditor link versi 7.x-2.4, kemudian supaya proses Instalasi admin lebih mudah, maka Saya sarankan untuk menambahkan Module Administration Menu Drupal.
  1. Download terlebih dahulu CKEditor link versi 7.x-2.4 di situs resmi Drupal
  2. Klik Module > Instal New Module
  3. Kemudian aktifkan Module CKEditor yang sudah diinstal tadi
  4. Selanjutnya lakukanlah konfigurasi pada CKEditor. Klik Configuration > Content authoring > CKEditor
  5. Pada Profile klik ‘edit’ dibagian Full HTML
  6. Selanjutnya klik Editor appearance dan scroll kebawah. Pada bagian “Plugin” centang pilihan “CKEditor Link - A plugin to easily create links to Drupal internal paths”
    menambhakan CKEditor link
Sampai disini proses instalasi dan konfigurasi CKEditor link telah berhasil ditambahkan ke CKEditor Drupal. Anda bisa langsung mencobanya, 
  1. Buatlah sebuah artikel lalu tambahkan text link seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
    Menambhakan CKEditor link ke CKEditor Drupal
  2. Pastikan sebelum membuat teks dengan link, Text Format di arahkan ke Full HTML
  3. Blok text yang akan dijadikan link, kemudian klik icon dengan lambang rantai pada CKEditor sehingga muncul jendela Tautan
  4. Pada link Type pilih menjadi “Internal Path”
  5. Kemudian pada kolom tautan Anda tinggal mengetik nama konten atau judul artikel yang ingin dihubungkan, nanti CKEditor akan berusaha menampilkan beberapa konten/artikel yang Anda maksud
Dengan CKEditor link diharapkan akan mempermudah Administartor atau Operator Website khusunya dalam menghubungkan antar artikel (internal path) yang berada dalam website, sehingga diharapkan juga nantinya proses pembuatan konten website akan lebih efisien dan cepat.

1 Response to "Instalasi dan Konfigurasi Module CKEditor Link"

  1. Kalau yang satu ini mah saya sering lihat kang tapi belum tahu namanya dan ternyata namanya itu CKEditor ya ?. Terlihat seperti sapira padahal mah gunannya penting juga nih.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...