Mencoba Fasilitas Keseimbangan Iklan Google Adsense

Keseimbangan Iklan / Ad Balance Google Adsense merupakan fasilitas yang diberikan kepada publisher untuk menyeimbangkan iklan yang ditampilkan, maksud dari menyeimbangkan disini adalah mengurangi jumlah/rasio iklan yang ditampilkan khususnya untuk iklan yang memberikan pendapatan yang kecil. Jadi arti mengurangi disini bukan mengurangi konten iklan yang ditempatkan pada situs melainkan lebih ke mengurangi jenis iklan khususnya yang memberikan pemasukan rendah.

Lihat juga :  

Mencoba Fasilitas Keseimbangan Iklan Google Adsense
Untuk dapat memcoba fasilitas keseimbangan iklan google adsense ini Anda bisa mengikut langkah – langkah berikut :
  1. Masuk ke dasboard adsense masing – masing 
  2. Kemudian klik bilah menu yang ada lalu pilih  My ads > Ad balance

    mengatur keseimbangan iklan google adsense
  3. Secara default Ad fill rate adalah bernilai 100%, Anda bisa mengatur keseimbangan iklan yang ditampilkan dengan cara menggeser Ad fill rate ke kiri 
  4. Dalam contoh kali ini Saya mencoba bereksperiment dengan mengatur keseimbangannya menjadi 50%

Dikutip dari https://support.google.com/adsense/answer/7215246?hl=id

"Umumnya, pendapatan besar secara relatif berasal dari porsi kecil tayangan iklan Anda. Dengan hanya menampilkan iklan yang menghasilkan uang paling besar, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengunjung secara keseluruhan di situs dengan penurunan yang minimal pada penghasilan Anda".
Contoh:
Misalnya Anda hanya ingin mengizinkan 70% potensi iklan untuk ditampilkan di situs Anda, bukan default 100%. Di halaman "Keseimbangan iklan", gunakan bilah geser untuk menetapkan rasio pengisian iklan ke 70%. Rasio pengisian iklan adalah seberapa sering kami mengisi unit iklan yang ada di situs Anda dengan iklan. Rasio pengisian iklan 70% berarti kami mengisi unit iklan Anda hingga 70% dari waktu dengan iklan yang membayar paling tinggi. Anda kini dapat memeriksa kolom "Estimasi penghasilan" untuk melihat dampak pendapatan.

"Perhatikan bahwa kami menganalisis traffic situs Anda untuk membantu kami memprediksi dampak perubahan rasio pengisian iklan terhadap pendapatan Anda. Jika traffic di situs Anda rendah, prediksi kami untuk perilaku pendapatan mungkin bukan representasi yang akurat untuk performa pendapatan Anda selama periode yang lebih lama. Misalkan, situs Anda biasanya mendapatkan 100 permintaan iklan per minggu, namun hanya satu permintaan tersebut yang menghasilkan iklan bernilai tinggi. Karena sebagian besar pendapatan Anda berasal dari satu iklan, prediksi pendapatan kami mungkin terdistorsi ke arah tersebut. Seiring peningkatan traffic Anda, iklan bernilai tinggi tersebut akan memberikan hasil dengan distorsi data yang lebih sedikit dan prediksi pendapatan kami akan menjadi lebih akurat".

12 Responses to "Mencoba Fasilitas Keseimbangan Iklan Google Adsense"

  1. Masih belum ngeh ni mas. Maksudnya kalau 70% nanti bearti ada kalanya slot iklan jadi kosong ya?
    Atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan akan tetap ditampilkan sesuai dengan jumlah slot yang ada,,, ini bukn berarti slot iklannya berkurang,,
      misalnya ada 10 pengiklan, merek rinso, daian, molto dll...
      nah kalu kita kurangi 20% maka mereka yang dikuranginya kan ada dua peiklan, 2 pengiklan yang nilainya rendah tersebut iklannya tidak akan ditampilkan diblog kita,,, jadi tidak berpengaruh terhadap slot iklan yang ada,,, karena slot iklan masih akan diisi oleh yang 80% lagi,,, gitu kalau pemahamn saymah..

      Delete
  2. Wah jadi penasaran nih mas, coba utek-utek ahh..

    ReplyDelete
  3. Saya senang mendapat ilmu ini, meski blog saya tidak ada iklannya,
    Tapi bukan tidak mungkin saya akan sangat membutuhkannya suatu saat nanti
    dan saya izin baca-baca yang lainnya

    ReplyDelete
  4. hmm,,, penasaran juga nih mas.. jadi iklan yang ditampilkan bisa lebih relevan gitu ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ini fungsinya bukan filter mang,,,kalau supaya relevan mungkin itu fitur untuk filter iklan,, ini cuman mengurangi pengiklan dengan nilai rendah..

      Delete
  5. belum nyoba nih ane, hasilnya glmana mas, cpcnya rendah terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru eksperimen bulan ini,,, yah mungkin tergantung trafik juga kali yah.. :D, nanti akan saya bandingkan hasilnya... kalau sudah akhir bulan

      Delete
  6. baru tahu saya (*efek newbie) terima kasih kang, biar bulan depan saya bisa cair dari adsense

    ReplyDelete
  7. Sayangnya, saya belum punya adsense sendiri. Huhuhu...

    ReplyDelete
  8. Saya malah baru tahu mas setelah membaca artikel ini, terus keuntungannya gimana dengan kita mengatur keseimbangan iklan ini

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...