Cara Memanfaatkan Kata Kunci Yang Didapatkan Dari Google Analytics


Pada kesempatan sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang bagaimana menelusuri kata kunci yang digunakan pengunjung website menggunakan google analytics. Mungkin ada yang bertanya – tanya memangnya seberapa pentingkah hal tersebut bagi seorang web master? atau bagaimana memanfaatkan / mengolah data – data kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics supaya menjadi sumber trafik baru bagi website / blog yang dikelola ?

#Memahami Mesin Pencari

Sebelumnya perlu dipahami tentang bagaimana cara kerja sebuah mesin pencari seperti Google menampilkan hasil pencariannya. Ketika ada seseorang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di Google, maka Google akan berusaha mancari dan menampilkan konten yang relevan sesuai dengan apa yang dicari oleh penggunanya.

Hasil pencarian yang ditampilkan terkadang tidak selalu tepat dengan kata kunci yang dituliskan oleh pengguna (user), karena memang tugasnya Google hanyalah mencari konten yang terdapat di website / blog yang sekiranya memiliki konten yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Ketika memang tidak ada konten yang benar – benar sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, maka Google akan tetap berusaha menampilkan hasil pencarian yang “mendekati” kata kunci (keyword) yang di ketikan oleh user.

#Mengolah Kata Kunci (Keyword) Google Anlytics

Ketika konten yang dicari tidak ada, atau tidak begitu spesifik dengan apa yang dicari oleh pengunjung, maka Google akan mencari konten yang sekiranya “mendekati” dengan kata kunci yang dicari. Ketika pengunjung mengarah ke Blog kita yang dipasang Google Anlytics, maka secara otomatis kata kunci yang sebelumnya dituliskan oleh pengunjung tersebut akan direkam di database.

Nah pada saat kita mengecek kata kunci / keyword di Google Analytics dan menemukan kata kunci yang sebenarnya tidak ada dalam postingan blog / website, hanya sebatas “mendekati” saja atau tidak “pas” dengan judul artikel yang ada di blog, maka disinilah kita bisa “bermain” mengolah kata kunci yang telah didapatkan untuk dijadikan sebuah artikel baru yang lebih sepesifik sesuai data yang didapatkan dari Google Analytics, sehingga diharapkan hal tersebut akan membuat Blog / website ditampilkan di bagian paling atas pada hasil pencarian pencarian pertama.

Tahap selanjutnya adalah mengatur internal link dengan artikel yang telah berjasa memberikan kata kunci tersebut. Hal ini dilakukan supaya artikel baru yang sesuai dengan keinginan pengunjung bisa lebih cepat terindex oleh mesin pencari.

Supaya lebih jelas, Saya akan sedikit memberikan contoh penggunaannya.

#Contoh Penggunaan / Pemanfaatan Keyword Dari Google Analytics

Untuk contoh saja, disini misal Anda mendapatkan kata kunci / keyword dengan kata “mengatur kontras tv ikedo”

Selanjutnya nanti Anda cek apakah di blog / website Anda terdapat postingan yang “pas” atau ada hubungannya dengan kata kunci yang didapatkan. Anda bisa mengeceknya menggunakan mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tersebut

Contohnya seperti berikut
 
mengecek kata kunci


Dalam contoh terlihat bahwa Google menampilkan hasil pencarian dari beberapa situs, termasuk situs milik Saya. Namun bila diperhatikan tidak ada konten / judul artikel yang spesifik sesuai dengan kata kunci tersebut, termasuk pada blog yang saya kelola. Namun bisa Anda lihat sendiri bahwasanya Google tetap berusaha menampilkan hasil pencarian yang sekiranya “mendekati” kata kunci yang dicari.

Nah disinilah kita mendapatkan pemasukan kata kunci tersebut, seolah – olah Google memberi tahu web master “Nih ada yang cari kata kunci ini, coba buat artikel menggunakan kata kunci ini”. Dan tentu saja sampai disini seorang web master harusnya tahu apa yang harus dia lakukan

Bila kata kunci tersebut ingin dimanfaatkan, maka Anda perlu membuat artikel menggunakan kata kunci tersebut, tidak harus terlalu sama, maksudnya adalah keyword yang didapatkan judulnya misal “mengatur kontras tv ikedo” maka nanti artikel yang kita tulis bisa saja berjudul “cara mengatur kontras led ikedo”

#Mengatur Link Internal


Jika sebelumnya pada mesin pencari kata kunci / keyword “mengatur kontras tv ikedo” menampilkan hasil pencarian artikel dengan judul “mengatur input output ikedo” yang sebenarnya hanya sekedar mendekati kata kunci saja, maka artikel baru yang dibuat perlu dihubungkan dengan artikel tersebur agar bisa cepat terindek. Makanya kita mungkin sering mendengar atau melihat blogger yang menyisipkan internal link pada setiap artikelnya, dan menurut saya tujuan utamanya tentu saja adalah ini, supaya artikel relevan yang lainnya bisa secara cepat terindex di mesin pencari. Jika tidak relevan, tentu saja ini menurut saya tidak berguna.

Sampai disini, paham kan bagaimana cara memanfaatkan kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics ?

Kata kunci yang tersimpan pada Analytics merupakan kata kunci organik atau sumber lalu lintas organik yang dihasilkan / didatangkan dari mesin pencari, meskipun itu hany satu atau dua lalu lintas saja. Karena hal ini tentu saja sangat berpengaruh khususnya bagi situs – situs yang telah di monetisasi menggunakan layanan seperti adsense, karena dengan begitu Google tentu akan bisa lebih relevan dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengunjung. Namun tentu saja hal ini tidak hanya sebatas pada itu saja, bisa saja data tersebut (analytics) juga dimanafatkan untuk keperluan mereka yang ingin memasang iklan mandiri pada situs web / blog yang Anda kelola, jika iklan yang akan mereka pasang relevan sesuai dengan minat para pengunjung situs maka tentu nilai uang untuk iklan yang mereka pasang jadi tidak sia – sia, karena kesempatan prodak / jasa yang diperkenalkan melalui iklan akan jadi jauh lebih cepat dikenal atau bahkan jadi banyak pembelinya

#Kesimpulan
  1. Pemanfaatan kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics ini tentu akan membuat trafik pada situs Anda jadi bertambah, karena konten yang Anda buat bisa jauh lebih tertarget dan situs Anda bisa berkesempatan berada pada posisi pertama hasil pencarian
  2. Pemanfaatan kata kunci yang didapatkan dari Google Analytics ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan trafik, tapi lebih dari itu, yaitu juga untuk mendapatkan sumber lalu lintas organik yang diharapkan bisa membuat situs bisa ditampilkan oleh mesin pencari pada posisi pertama hasil pencarian, serta membuat situs yang telah di monetisasi seperti oleh adsense penghasilannya bisa lebih optimal karena menampilkan iklan sesuai minta pengguna sehingga besar kemungkinannya iklan yang terpasang bisa menghasilkan keuntungan baik bagi pemasang iklan (advertiser) atau publisher yang memasang iklan di situs yang dikelolanya

Semua yang saya tulis ini merupakan sebuah pendapat, berdasarkan beberapa hal yang saya pahami dari sumber lalu lintas (kata kunci) organik yang di dapatkan dari Google Analytics. Sehingga ini mungkin tidak usah terlalu dijadikan patokan dalam menulis artikel, karena saat menulis artikel pertama pun kita tentu tidak bisa berpatokan pada kunci apapun, terkecuali kita mau “membayar” untuk mendapatkan sebuah keyword. Hal ini (membayar) tentu tidak terlalu menjadi masalah, terutama kalau kita mau dan bisa memanfaatkan fasilitas gratis dari Google Analytics secara maksimal, sehingga mungkin Anda bisa menjaring banyak kata kunci, namun tentu ini tidak akan berhasil, jika knten pada situs Anda sedikit.

Selamat mencoba…

3 Responses to "Cara Memanfaatkan Kata Kunci Yang Didapatkan Dari Google Analytics"

  1. sepertinya ide yang bagus dan patut di coba.....

    ReplyDelete
  2. saya mau coba dulu
    karena saya kadang males riset kata kunci
    seenak nya aja posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak usah terlalu riset juga, maksudnya kan kata kunci itu juga didapatkan karena ada konten di blog kita,,, jadi semakin banyak konten, semakin besar kesempatan untuk banyak menjaring kata kunci yang untuk kemudian dimanafaatkan kembali menjadi sebuah konten baru yang lebih tertarget

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...