Memperbaiki Foto Yang Rusak Menggunakan GIMP

GIMP merupakan Aplikasi Editing Photo di Ubuntu Desktop yang mana Aplikasi ini juga sebenarnya tersedia juga untuk para penggunakan Windows. Konsep memperbaiki foto yang rusak sebenarnya sama saja seperti di Photoshop, yaitu dengan menggunakan konsep clone.

Istilah Clone dalam editing foto atau dalam proses perbaikan foto memiliki arti yaitu menambal/memperbaiki bagian foto yang rusak dengan cara meng”clone” dari bagian foto yang masih bagus. Teknik cloning baik itu di photoshop maupun di GIMP sebenarnya sama saja, hanya ada sedikit perbedaan semisal bila di GIMP kita tidak bisa mengeset capacity dari clone yang kita tempelkan.

Isitilah foto yang rusak yang Saya maksud adalah foto yang sudah dicetak, kemudian karena jamur atau karena foto tersebut sudah lama sehingga gambarnya sudah tidak utuh lagi. Dengan memanfaatkan teknik cloning yang terdapatdi GIMP, kita bisa menambal bagian yang rusak tersebut.

Berikut ini adalah langkah – langkah Memperbaiki Foto Yang Rusak Menggunakan GIMP


1. Buka foto yang rusak menggunakan GIMP
2. Tekan C atau di tool box pilih cloning tools
3. Untuk melakukan cloning, Anda cukup tekan tombol CTRL kemudian tekan
    klik pada bagian foto yang masih bagus selanjutnya lepas CTRL dan
    arahkan/sapukan ke bagian foto yang rusak 
4. Terakhir Anda tinggal melakukan pencahayaan foto, Silahkan  baca cara
    Mencerahkan Foto Menggunakan GIMP

Teknik yang digunakan cukup simple dan mudah, namun yang perlu diingaty pada saat melakukan cloning adalah usahakan jangan melakukan cloning dari tempat yang sama, jadi lakukanlah clon dari tempat/warna yang berada dekat di area foto yang rusak, tujuannya supaya warna/clone yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan warna yang ada di dekatnya.

Dibawah ini adalah Video Tutorial memperbaiki foto menggunakan GIMP dengan teknik cloning. 



1 Response to "Memperbaiki Foto Yang Rusak Menggunakan GIMP"

  1. Ohh jadi itu bisa di perbaiki ya kang ? saya ada banyak nih di rumah foto yang rusak seperti itu karena terlalu lama di simpan dalam figura akhirnya gambar tersebut nempel pada kaca figura. Thank infonya kang nanti akan saya coba perbaiki :)

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...