Mengatasi Masalah Layar LCD/LED Yang Ngeblur

Kemarin Saya agak sedikit diherankan dengan LED TV Monitor yang baru saja Saya beli disalah satu toko komputer yang ada di daerah Saya, Saat di cek di toko tampiannya bagus, Saya sendiri yang mengeceknya langsung.

Kemudian setelah selesai melakukan pembelian, Saya langsung mencobanya di rumah. LED yang saya beli sebenarnya bisa digunakan untuk menonton Televisi, namun karena tujuan awalnya untuk mengganti layar LCD Laptop yang rusak maka Saya pun mencobanya untuk Laptop. Awalnya Saya tidak merasa ada yang aneh, tapi setelah diperhatikan ternyata ada yang Salah dengan LED yang baru saja beli tersebut.



Baca juga : Mengganti LCD Laptop Dengan LED TV Monitor

Pada Saat Saya mencobanya untuk keperluan mengetik/coding, text yang Saya tulis dalam lembar kerja terlihat pada layar LED agak sedikit ngeblur, atau ada sedikir ada efek berbayang pada bagian text, begitupun dengan icon – icon aplikasi yang ada di layar, terlihat ngeblur dan berbayang. Saya coba melakukan screen shoot pada text yang terlihat berbayang tersebut, kemudian melihat hasil screen shooot tersebut pada layar komputer lain, dan ternyata hasil screen shoot menunjukan bahwa tidak ada bayangan ataupun blur yang terlihat pada text. Disini Saya menyimpulkan bahwa tidak ada masalah pada VGA Laptop Saya, dan berpikir bahwa penyebab masalah tersebut adalah LED. Tapi masalahanya LED yang Saya beli ini baru, dan pastinya sudah di periksa terlebih dahulu sebelum dijual, tapi mungkin hal tersebut bisa saja terjadi.


Baca juga : Nyangka Aplikasi Ubuntu Yang Error, Ternyata Pengaturan Display Yang Salah


Pengecekan Saya tidak cukup sampai disitu saja, karena Saya masih sedikit ragu kalau LED penyebab dari masalah tersebut. Saya mencoba kembali LED tersebut, tapi kali ini tidak disambungkan VGA Laptop melainkan ke booster/antena televisi. Setelah diperhatikan ternyata LED yang digunakan untuk menonton TV tersebut menampilkan gambar dengan baik, tidak terlihat adanya blur ataupun efek berbayang seperti pada saat di sambungkan ke VGA Laptop.

Gambar LED yang diduga ngeblur

Bila bukan LED ataupun VGA Laptop yang rusak, lalu apa yang sebenarnya menyababkan hal tersebut terjadi ? atau mungkin memang tampilan untuk sambungan VGA terlihat seperti itu ? Atau ada kesalahan lain. Setelah bertanya – tanya dalam hati, akhirnya coba untuk menggunakan kabel VGA yang lain dan ternyata hasilnya menunjukan tidak efek berbayang/ngeblur pada laptop. Jadi tersangka utama dari masalah LED ngeblur ini adalah Kabel VGA yang digunakan.

Kabel VGA yang Saya gunakan ini bukan merupakan bagian dari LED yang Saya beli, kabel VGA ini sebenarnya diberikan oleh penjual kepada Saya secara gratis, namun ternyata kebel VGA tersebut bermasalah.


Kesimpulan Mengatasi Masalah Layar LCD/LED Yang Ngeblur
Bila mengalami masalah layar Monitor, LED ataupun LCD yang Anda gunakan untuk PC/Laptop ngeblur ataupun agak sedikit berbayang, maka sebaiknya Anda coba ganti kabel VGA nya atau Anda bisa juga mengecek tampilan komputer/laptop Anda menggunakan layar LCD lain, bila setelah di cek menggunakan layar lain kondisinya normal, maka itu VGA komputer/laptop Anda baik – baik saja, biasanya para tukang service juga sering menggunakan cara ini untuk menyeleksi atau mendiagnosis sebuah kerusakan, mereka akan mencoba perangkat yang diduga rusak pada perangkat lain untuk memastikan bahwa dugaan mereka benar atau salah.

11 Responses to "Mengatasi Masalah Layar LCD/LED Yang Ngeblur"

  1. Jadi kabel VGA yang bermasalah juga bisa membuat LCD LED ngeblur ya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah begitulah kang,, kabel VGA yangjadi tersangka utamanya...

      Delete
  2. semoga LCD yang ada di seantero ruangan rumahku layarnya nggak ngblur, kalau pun ngblur juga, mendingan tak servis ajah di toko servisnya neng Linda...lumayan bisa ngobrol sama c neng Linda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penasaran nih sama si neng linda,,, wah kalau godain si neng linda entar si ibunya marahdong mang... :v

      Delete
  3. Ahi hi hi kalau saya mah kang garuk garuk saja layar monitornya karena biasanya kalau layar sedang blur itu layarnya sedang gatal mungkin ya sudah saya garuk garuk saja biar gak gatal dan hasilnya gimana coba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh masa di garuk - garuk sih kang,,, atuh LCD nya entar jadi tambah goreng... :v

      Delete
  4. jgn" krena gratis itu kabel VGA nya second ya mas. hehe
    longgar kah kabel vga nya mas? jd ada kontak kontak bayangan..ceileeh bayangan mantan kaliyaahh :D :D

    ReplyDelete
  5. oh ya mas kebetulan saya saat ini menggunakan PC lama (bukan laptop) dengan windows xp untuk ngeblog karena monitor laptop mengalami "lcd flickering problem" sya sudah coba cari solusinya via google pakai kata kunci tsb namun belum ada ketemu jawaban yang memuaskan. Kursor juga lambar sekali, sangat lambar digerakkan.
    Ada solusi atau pernah mengalami hal serupa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lcd flickering saya belum pernah mengalami,, dulu lcd saya rusaknya secara perlahan - lahan,, lcd agak sedikit ke abu - abuan,, terutama kalau layar dalam mode putih,,, tapi ketika dalam mode hitam,, layar seolah normal,, kalau masalah kek gitu mending dibawa keahlinya,,, atau beli yang baru,, atau bisa juga cari kanibalan board lcd yang serupa,,, tapi lebihbaik ganti lcd saja mangbiar gak repot,, :D

      Delete

Silahkan untuk meninggalkan komentar, santai saja dan mulailah berkomentar...